Menhub: Waspadai kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta - Semarang saat libur Nataru - WisataHits
Jawa Tengah

Menhub: Waspadai kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta – Semarang saat libur Nataru

BERITA KBB – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi kemacetan lalu lintas pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, khususnya di ruas tol Jakarta-Semarang.

Tol Jakarta, Cikampek hingga Semarang memang menjadi salah satu titik kemacetan krusial saat liburan Nataru.

Budi mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, telah disiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, seperti: B. satu arah atau aliran balik.

“Kami asumsikan jalan tol Jakarta-Semarang akan macet. Dari pantauan udara kita terlihat ada peningkatan, tapi kemacetan atau lalu lintas belum ada,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Desember 2022.

“Kolantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya meminta kepada rekan-rekan Polri dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas untuk juga memperhatikan dampak yang akan terjadi pada cabang jalan lain dan juga pada ruas jalan kembali,” ujarnya. .

Pemantauan ruas jalan tol itu dilakukan Budi dengan helikopter dari Halim, Jakarta hingga Cikampek.

Setibanya di Cikampek, Budi menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait di kantor Jasa Marga Km 71b, Cikampek Utama.

Sementara itu, sejumlah ruas tol baru yang diperkirakan akan menimbulkan kemacetan yakni Cisumdawu dan Jakarta Cikampek 2 berpotensi menimbulkan kemacetan.

Selain itu, beberapa titik jalan juga menjadi perhatian karena kemungkinan terjadinya banjir akibat kondisi cuaca ekstrim di penghujung tahun yaitu di Km 136, Km 151 dan Jalan Nasional di Jembatan Sungai Cipunegara, Subang.

Selain itu, Budi meminta polisi melakukan pengawasan di kawasan wisata dan menindak bus wisata yang melanggar aturan.

Budi juga mengimbau kepada para pemudik sepeda motor untuk berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

“Yang terbaik adalah tidak mengemudi lebih dari 100 km. Karena statistik menunjukkan kecelakaan lalu lintas paling banyak melibatkan pengendara sepeda motor,” kata Budi.

Budi juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi prakiraan cuaca ekstrem yang dilakukan BMKG pada akhir tahun bersamaan dengan libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca buruk di akhir tahun. Tahun 2020 ini kita menghadapi masalah banjir di jalan tol. Untuk itu, saya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap risiko banjir. Kalau perjalanan tidak begitu penting, lebih baik istirahat di Jakarta saja,” ujarnya.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button