Kemenparekraf dan Danone bekerja sama mengembangkan 14 desa wisata - WisataHits
Jawa Timur

Kemenparekraf dan Danone bekerja sama mengembangkan 14 desa wisata

Kemenparekraf dan Danone bekerja sama mengembangkan 14 desa wisata

Kontribusi PDB sektor pariwisata pada tahun 2023 diperkirakan sebesar 4,3 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Danone Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung pengembangan desa wisata di tujuh provinsi Indonesia. Melalui kerjasama ini, Danone Indonesia mendukung pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi.

Termasuk Sumatera Utara (Desa Lumbune Bulbul, Toba); Jawa Barat (Desa Pancawati, Bogor, Desa Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi, Subang); Jawa Tengah (Desa Blederan, Desa Tanjunganom, Wonosobo); Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo); dan Jawa Timur (Desa Jatiarjo, Pasuruan).

Kemudian Bali (desa Kintamani, Bangli; desa Belok Sidan, desa Bongkasa Pertiwi, Badung); dan Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara). Lingkup kerjasama meliputi penggunaan dan pertukaran data pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, perlindungan lingkungan, pendidikan dan pengelolaan limbah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan industri parekraf merupakan salah satu sektor yang paling terpukul akibat pandemi. Untuk mendorong sektor pariwisata bergerak, lanjutnya, seluruh komponen di ekosistem Parekraf harus bersinergi memanfaatkan segala potensi dan peluang yang ada.

“Sejalan dengan strategi 3G kami yaitu Gerakan Cepat (Gercep), Gerakan Bersama (Geber) dan Gaspol (menggarap semua potensi dan peluang yang ada). Hal ini membutuhkan tim yang solid yang tangguh, adaptif, dan kolaboratif dalam menampilkan inovasi, termasuk membangun kolaborasi lintas sektor,” kata Sandi dalam siaran persnya, Selasa (24/1/2023) di Jakarta.

Ekspansi home tourism menunjukkan tren yang positif. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) diperkirakan sebesar 4,3 persen pada tahun 2023. “Karena dukungan ini akan mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian nasional,” kata Sandi.

Chief Executive Officer Danone Indonesia Connie Ang mengatakan pihaknya memiliki komitmen jangka panjang yang terangkum dalam “One Planet One Health”. Menurutnya, semua inisiatif dan inovasi yang dilakukan selalu berlandaskan pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan.

“Komitmen kami terwujud dengan sangat jelas melalui dukungan terhadap pengembangan desa wisata. Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang memungkinkan kami untuk terus berkontribusi dalam pembangunan masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Conni.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button