Menhub dan Gibran Tinjau Persimpangan Joglo Solo: Waspadai Titik Kemacetan Baru! - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Menhub dan Gibran Tinjau Persimpangan Joglo Solo: Waspadai Titik Kemacetan Baru! – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Minggu (7/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau progres proyek pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Minggu (7/8/2022).

Pada kesempatan ini, Menhub kembali mengingatkan masyarakat akan potensi gangguan lalu lintas berupa kemacetan yang akan terjadi selama proyek berlangsung. Berdasarkan surveilans Solopos.com Di Joglo Junction, Menhub langsung meninjau pengerjaan proyek dan rel kereta api yang akan dibangun melalui jalan layang.

Promosi Wholesale Awards, Tokopedia jadi marketplace pilihan UMKM

Budi menjelaskan Joglo Junction merupakan kawasan penting bagi lalu lintas kereta api yang menghubungkan Solo, Semarang, Purwokerto, dan Jogja. Kawasan ini merupakan jalur yang populer karena warga Solo, Semarang dan Yogyakarta saling berkunjung.

“Kami bersama Kementerian PUPR” [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] dan Pemkot Solo bekerja sama untuk menyelesaikan tahap konstruksi di sini pada April 2024,” kata menteri perhubungan kepada wartawan.

Di satu sisi, lanjut Menhub, pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Solo, tentu akan sedikit mengganggu lalu lintas. Dia meminta pejabat setempat untuk berkoordinasi dengan walikota Solo, polisi dan masyarakat dan mengumumkan pembangunan yang sedang berlangsung.

Baca juga: Perhatian! Persimpangan tingkat Simpang Joglo Solo telah direlokasi, Lur…

“Kegiatan di pertigaan Joglo itu vital, banyak kegiatan ekonomi, banyak kegiatan sosial, November ada kegiatan masjid” [Sheikh Zayed Grand Mosque ditarget rampung]Tentu harus dilihat secara terkoordinasi agar tidak ada masalah saat ini,” jelasnya.

Jadilah teladan

Budi mengapresiasi jajaran Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Pemprov Jateng, dan Pemkot Solo. Ia berharap pembangunan berjalan lancar dan menjadi contoh pembangunan transportasi tingkat daerah di Jawa Tengah.

Wali Kota Tunggal Gibran Rakabuming Raka menyatakan, semua pihak terkait telah memperketat jadwal pembangunan flyover di Simpang Joglo. Gibran mengatakan akan ada sejumlah titik stagnasi baru di Kota Solo selama pembangunan.

Baca Juga: Trek Memutar di Persimpangan Joglo Solo Belum Selesai, Ternyata Ini Penyebabnya

“Akan ada titik stagnasi baru di masa depan. Pekerjaan akan dimulai. Kami akan segera menyosialisasikan rekayasa lalu lintas,” kata Gibran. Ia mengimbau warga Solo untuk bersabar selama proses pembangunan.

Pihak terkait akan melanjutkan pekerjaan tersebut agar dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. “Mudah-mudahan selesai tepat waktu dan insya Allah tidak ada lagi kemacetan seperti ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, pembangunan jalan layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo kini memasuki tahap persiapan berupa movable waterways dan jalur pengalihan yang sudah selesai.

Baca Juga: Pembongkaran Rumah Terkena Jalur Pengalihan Joglo Solo Junction

Jalur bypass atau jalur pengalihan kereta api (KA) merupakan jalur sementara selama pembangunan jalan layang. Pembangunan jalur pengalihan kini hampir rampung.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button