Pulau Gusung seluas 1.260 meter persegi muncul di Kepulauan Seribu - WisataHits
Jawa Tengah

Pulau Gusung seluas 1.260 meter persegi muncul di Kepulauan Seribu

TEMPO.CO, jakarta – Fenomena Gusung atau pulau pasir naik di atas laut terjadi di Pulau Lancang, Desa Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Munculnya fenomena alam di Pulau Lancang, Desa Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara ini dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai tempat wisata baru.

“Kami akan mencari Corporate Social Responsibility (CSR) seperti yang telah dilakukan di Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa dan Makam Suci Sultan Mahmud Zakaria di Pulau Panjang,” kata Junaedi, Bupati Kepulauan Seribu, seperti dikutip Antara. Jumat, 21 Oktober 2022.

Fenomena Gusung di Pulau Lancang mengakibatkan pulau pasir putih seluas 1.260 meter persegi di RT 001/RW 01 Desa Pulau Pari. Pulau pasir ini terbentang seperti jembatan dan hanya muncul secara keseluruhan saat air laut surut.

Baca: Pulau Wisata Menarik di Kepulauan Seribu untuk Liburan

Gusung terbentuk dari material pasir dan serpihan kerikil dan kerang yang terbawa ke darat dari pantai oleh arus laut. Materi tersebut kemudian secara teratur dan bertahap membentuk daratan baru yang disebut Gusung.

Kepala Desa Pulau Pari Ardian mengatakan masyarakat setempat mengenalnya sebagai Gusung Klanceng. Kehadiran pariwisata baru diharapkan dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Situs tersebut berada di pesisir Pulau Lancang dan saat ini sedang dalam proses pengembangan mandiri oleh masyarakat,” kata Ardian.

Aridan menambahkan, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk selfie, camping, memancing atau menunggu sunrise dan sunset.

Baca Juga: Dua Pulau Seribu Ini Dipromosikan Jadi Destinasi Wisata Digital Nomads

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button