5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 3 Bahan Baku Belalang - WisataHits
Yogyakarta

5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 3 Bahan Baku Belalang

Memuat…

Apalagi bagi pecinta kuliner yang sengaja berwisata ke daerah, penting untuk mengetahui rekomendasi makanan khas Gunungkidul. Salah satunya adalah Gatot Tiwul. Foto/Adalah

GUNUNG KIDUL – Rekomendasi makanan khusus Gunungkidul sangat penting untuk diketahui, terutama bagi pecinta kuliner yang sengaja berwisata ke daerah tersebut.

Kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai bagian dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang besar. Saat ini, kawasan tersebut sedang menjalankan kegiatan branding bernama Campaign Ini Gunungkidul – The Ultimate Hidden Gem.

Kampanye ini dilakukan sebagai salah satu upaya atau bertujuan untuk lebih meningkatkan daya tarik dan potensi kawasan bagi wisatawan dan investor.

Dengan melakukan kampanye Ini Gunungkidul – The Ultimate Hidden Gem, diharapkan pemerintah daerah dapat memaksimalkan exposure terhadap berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak dikenal di kalangan wisatawan.

Baca Juga: Desa Wisata Gunungkidul Butuh Inovasi untuk Menarik Wisatawan

Lantas apa saja kuliner khas Gunungkidul? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Gatot Tiwul

5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 3 Bahan Baku Belalang
Keistimewaan Gunungkidul yang pertama adalah Gatot Tiwul. Makanan legendaris dan tradisional ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul, namun kini Tiwul telah menjadi makanan ringan sehari-hari atau sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung.

Tiwul merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan, kemudian diolah menjadi tepung, dan tepung singkong tersebut kemudian dikukus menjadi Tiwul.Rasa manis dan gurih dengan tambahan lelehan gula aren memberikan rasa Tiwul yang unik dan nikmat.

2. Makanan laut

5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 3 Bahan Baku Belalang
Hidangan khas Gunungkidul yang kedua adalah seafood. Tentunya dengan banyaknya destinasi pantai, hasil laut juga bisa ditemukan di banyak sudut Gunungkidul.

Contohnya adalah sajian lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang. Wisatawan dapat menikmati makanan laut yang lezat ditemani dengan panorama pantai yang indah, yang membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di sana.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button