Menhub meninjau Bandara Komodo sehari jelang Pelantikan Presiden - WisataHits
Jawa Timur

Menhub meninjau Bandara Komodo sehari jelang Pelantikan Presiden

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (20 Juli 2022). Bandara tersebut rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo besok pada Kamis (21 Juli 2022).

“Saya dan Pak Basuki (Menteri PUPR) datang ke Labuan Bajo untuk memastikan infrastruktur di salah satu dari lima destinasi wisata ini selesai dengan baik,” kata Budi Karya Sumadi, dikutip Kemenhub.go.id.

Menteri Perhubungan mengumumkan bahwa pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Labuan Bajo bertujuan untuk mendukung potensi pariwisata di Labuan Bajo.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan bandara ini dan saat ini memiliki kapasitas hingga satu juta penumpang per tahun. Ke depan kami akan menambah runway menjadi 2.750 meter,” kata Menhub.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengembangkan perluasan Bandara Komodo dari tahun 2020 hingga 2022. Lingkup pengembangannya di sisi udara, seperti perpanjangan runway dari sebelumnya 2.450 mx 45 m, sekarang menjadi 2.650 mx 45 m, yang dapat didarati pesawat Tipe B737 series (tubuh langsing). Selain itu, pada sisi darat, bangunan terminal diperluas menjadi 13.366 meter persegi, dan bangunan terminal dipercantik dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, selain bandara, pemerintah juga telah membangun pelabuhan multiguna baru di kawasan Way Kelambu yang berjarak sekitar 10-12 km dari pelabuhan lama di pusat Labuan Bajo. Dengan dibangunnya pelabuhan khusus logistik di Wae Kelambu, pelabuhan lama Labuan Bajo juga khusus dibangun oleh pemerintah untuk kapal wisata. Dengan adanya dua pelabuhan ini diharapkan dapat memajukan pariwisata di Labuan Bajo dan mengoptimalkan kegiatan logistik.

Pelabuhan Labuan Bajo (di air) juga akan diresmikan oleh Presiden besok,” kata Menhub.

Dalam kunjungan kerjanya ke NTT, Menhub juga mengunjungi sejumlah daerah untuk melakukan inspeksi, yaitu Pelabuhan Tenau di Kupang untuk melihat kinerja Tol Laut dan mengunjungi pembangunan terminal kargo internasional di Motaain Cross. pos perbatasan ( PLBN) di Atambua. (bil/ipg)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button