Update Gunung Merapi 4 Agustus 2022: 1 kali guguran lava 1.500 meter barat daya - WisataHits
Yogyakarta

Update Gunung Merapi 4 Agustus 2022: 1 kali guguran lava 1.500 meter barat daya

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Gunung Merapi (2.968 mdpl) di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah masih meletus dan mengeluarkan awan panas hingga pagi ini, Kamis (4/8/2022).

Penulis laporan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Alzwar Nurmanaji mengatakan selama pengamatan pagi tadi pukul 0000-0600 WIB, terpantau longsoran lahar dengan jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya.

“Gunung itu terlihat jelas. Asap kawah bertekanan rendah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan ketinggian 20 hingga 30 meter di atas puncak. Periode pengamatan pagi ini adalah 1 kali longsoran lahar,” katanya.

Pada periode ini, cuaca di Gunung Merapi cerah dan berawan.

Baca Juga: Awal Agustus 2022, Aktivitas Gunung Merapi Terpantau Turun

Angin bertiup lemah dari timur.

Suhu udara 14-19 °C, kelembaban 66-99% dan tekanan udara 836-958 mmHg.

Aktivitas seismik yang terjadi meliputi 23 longsoran, 11 badai, 1 gempa hybrid/multifase dengan durasi 8,1 detik.

Alzwar mengatakan Gunung Merapi masih dalam status siaga (Level III).

Potensi bahaya saat ini berupa longsoran lahar dan awan panas di sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih maksimum 5 km dan di sektor tenggara sungai Gendol hingga 3 km. km.

Baca juga: Gunung Merapi update 2 Agustus 2022, 3 kali lahar jatuh pagi ini

“Masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas di area yang berpotensi berbahaya. Masyarakat harus mewaspadai bahaya lahar, terutama saat hujan di sekitar Gunung Merapi,” katanya.

Ia menambahkan, disarankan untuk menghentikan penambangan di alur sungai yang berhulu Gunung Merapi di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Selain itu, pelaku wisata dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas di daerah yang berpotensi bahaya dan bukaan kawah dalam jarak 5 km dari puncak Gunung Merapi.

“Jika ada perubahan aktivitas yang signifikan, status aktivitas Gunung Merapi akan segera diperiksa,” kata Alzwar (Tribujogja.com).

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button