Menguak Misteri Destinasi Wisata Leuweung Sancang, Peninggalan Terakhir Prabu Siliwangi Hingga Menghilang - WisataHits
Jawa Barat

Menguak Misteri Destinasi Wisata Leuweung Sancang, Peninggalan Terakhir Prabu Siliwangi Hingga Menghilang

Menguak Misteri Destinasi Wisata Leuweung Sancang, Peninggalan Terakhir Prabu Siliwangi Hingga Menghilang

INSIDEN24.COM– Mengangkat tabir misteri yang menyelubungi destinasi wisata alam Leuweung Sancang di Garut, diyakini sebagai persinggahan terakhir Prabu Siliwangi dan persembunyiannya sebelum mengejar Kian Santang hingga sang Prabu menghilang di Sancang.

Leuwung Sancang merupakan salah satu reruntuhan di Pameungpeuk Garut, secara administratif kawasan hutan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Cibolang. Namun masyarakat sudah mengenal kawasan ini dengan sebutan Sancang Pameungpeuk.

Leuwung Sancang sangat erat kaitannya dengan jejak sejarah Prabu Siliwangi sebagai ayah dari Prabu Kiansantang. Lokasi Leuwung Sancang berada di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Secara harfiah, kata Leuweung berarti hutan dalam bahasa Sunda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Leuweung Sancang juga berarti hutan Sancang.

Baca Juga: Menikmati Surga Bawah Laut Bunaken, Wisata Selam yang Membelai Keindahan Ikan Tropis dan Terumbu Karang

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jabar, Leuweung Sancang memiliki luas kurang lebih 2.157 hektar.

Ini terdiri dari hutan dataran rendah, hutan mangrove dan hutan pantai. Cuaca di tempat yang berada pada ketinggian 0-3 meter di atas permukaan laut ini berkisar antara 17 hingga 28 derajat Celcius. Administrasinya saat ini berada di bawah BKSDA.

Secara administratif, Leuweung Sancang terletak di Kecamatan Cibalong, Kegubernuran Garut. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Garut. Dari titik nol kilometer Garut di Kabupaten Garut Kota, situs Leuweung Sancang berjarak 111 kilometer dengan waktu tempuh sekitar empat jam dengan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Pesona Nirvana Water Park di Soreang Bandung adalah taman air yang cocok untuk Anda dan keluarga

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button