Wisata Sejarah Situs Kabuyutan Garut, Peninggalan Prabu Siliwangi dan Kian Santang, Arena Pertarungan Para Juara! - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Sejarah Situs Kabuyutan Garut, Peninggalan Prabu Siliwangi dan Kian Santang, Arena Pertarungan Para Juara!

Wisata Sejarah Situs Kabuyutan Garut, Peninggalan Prabu Siliwangi dan Kian Santang, Arena Pertarungan Para Juara!

INSIDEN24.COMSitus Ciburuy Bayongbong Garut merupakan peninggalan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang Raja Padjadjaran. Dipercaya bahwa kompleks seluas satu hektar ini dulunya merupakan arena adu jagoan (champion) di Pulau Jawa.

Situs ini juga menyimpan puluhan manuskrip kuno dari ratusan tahun silam yang erat kaitannya dengan sejarah kerajaan Pajajaran yang berpusat di Kabupaten Bogor.

Salah seorang pengelola situs di Ciburuy menuturkan, masyarakat setempat kerap menggelar ritual Seba Muharam pada bulan-bulan tertentu. Acara ini dirancang untuk memandikan pusaka, termasuk “pembersihan” naskah kuno yang berisi pelajaran kehidupan dan moral adat Sunda.

Baca Juga: Karawang Alun-alun Tempat menawan dan mempesona di tengah kota, nikmati liburan outdoor

Jumlah naskah yang disimpan di Kabuyutan Ciburuy saat ini berjumlah 27 buah, yang disimpan dalam tiga kotak. Setiap keropak bervariasi jumlahnya antara 15 sampai 30 lemir (daun). Hal ini menjadikan situs ini sebagai salah satu wisata sejarah di Indonesia.

Selain itu juga terdapat beberapa pusaka yaitu Keris, Bende (Lonceng Perunggu), Kapak (Senjata Unik Prabu Siliwangi), Trisula, Tombak. Ada pula seperangkat gamelan bernama Goong yang merupakan cikal bakal seni gamelan masa kini.

Alat kesenian Goong yang umum ditemukan di daerah ini merupakan cikal bakal kesenian gamelan yang sudah ada.

Baca Juga: Masjid Agung Karawang Syekh Quro Berdiri Tahun 1418, Jadi Saksi Sejarah Perkembangan Islam

Panorama indah dan suasana damai dengan udara sejuk akan Anda temukan saat berada di area situs ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button