Mengenal Flora Kebun Raya Cibodas - WisataHits
wisatahits

Mengenal Flora Kebun Raya Cibodas

Mungkin kalian sudah familiar Baik dengan Kebun Raya Cibodas yang merupakan tempat wisata yang indah menghibur sama-sama mendidik, karena akan membuat Anda menemukan beberapa jenis flora di Indonesia.

Kebun Raya CibodasSumber gambar: Instagram.com/chitraachiet

Jam buka: 08.00-17.00 WIB
Harga tiket: Rp 16.500/orang
Kontak: 087885892946
Aktivitas: Belajar, foto, makan
Waktu kunjungan: 3 jam
Alamat: Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Fasilitas umum: Masjid, gazebo dan tempat makan.
Peta daring: Tampilkan peta

Bosan dengan wisata alam seperti pantai dan gunung? maka anda harus mencoba beralih ke wisata berpemandu dengan konsep taman atau kebun raya. Pasalnya, Anda akan diajak melihat bagaimana berbagai cita rasa Indonesia tumbuh di suatu daerah.

ya kamu butuh mlipir ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati kondisi alam yang indah, pemandangan alam yang menyenangkan dan sisi edukasi yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke sana. Semua akhir pekan sama hari dalam seminggu Tempat yang tidak jauh dari Puncak Bogor ini tidak pernah sepi pengunjung.

Kebun Raya Cibodas KaliSumber gambar: Instagram.com/ridhooid

Kebun Raya Cibodas Cakep Sumber gambar: Instagram.com/chitraachiet

Kebun Raya Cibodas Home Sumber gambar: Instagram.com/facecianjur

Kebun Raya Hutan Cibodas Sumber gambar: Instagram.com/tubagus_key

Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata dengan hamparan rumput hijau yang dilengkapi dengan koleksi tanaman berbunga. Taman yang luasnya mencapai 80 hektar, ditambah beberapa bukit mini yang menambah keindahan Kebun Raya Cibodas.

Selain itu, sebagai titik pengumpulan ex situ (di luar habitat) untuk tumbuhan tropis dataran tinggi lembab. Beberapa koleksi tumbuhan yang dimiliki Kebun Raya Cibodas adalah berbagai jenis pohon besar yang dilindungi, seperti tumbuhan runjung, rusa, pakis gunung, dan hutan kaliandra. Koleksinya meliputi berbagai jenis pohon besar yang

Objek Wisata Kebun Raya Cibodas

Nah kamu juga harus tahu Ya jika Taman Raya Cibodas dikategorikan Kebun Raya karena memiliki berbagai macam varian koleksi pohon. Bahkan sekarang sudah tercatat 5831 untuk merasakan tanaman dari 1206 spesies hidup di pohon tua dan muda.

Tentu saja, ini memberi Anda gambaran umum Baik pada flora Indonesia. Jika Anda ingin lebih mengeksplorasi maka berikut ini adalah tempat keindahan kebun raya Cibodas yang sayang untuk dilewatkan, AndaSaya mengerti !

  • Taman Sakura
  • Ketat
  • Jalan Araucaria
  • Air Terjun Cibeureum
  • Jalan air
  • kebun herbal
  • Taman Rhododendron
  • Bunga Bangkai Raksasa
  • Koleksi Tanaman Kuku
  • Kolam besar

Sejumlah tempat di atas, Anda wajib mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Mencoba Oke menghabiskan hari bermain di Kebun Raya Cibodas. Dijamin puas dan enggan pulang.

Biaya masuk

Kalau lagi cari liburan tapi kantong sedikit menggeser, maka Kebun Raya Cibodas adalah solusi cerdas untuk Anda, Mari lihat harga tiket masuk terjangkau dibawah ini:

Tiket Harga
Tiket masuk Rp16.500
Tiket parkir motor Rp 5.000
tiket parkir Rp 16.000

Akses ke rute dan lokasi

Untuk menuju lokasi yang ditujukan ke Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini ada beberapa alternatif jalur yang bisa Anda ambil.

Jika Anda datang dari kota Jakarta, Anda hanya perlu menuju kawasan puncak Bogor, kemudian beberapa kilometer setelah Istana Cipanas, Anda akan menemukan Kebun Raya Cibodas. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari Jakarta untuk jarak sekitar 85KM, sebenarnya tergantung kepadatan lalu lintas neraka.

Di tengah perjalanan, rute Anda akan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass. Kemudian, jika sampai di pertigaan Paragajen, belok kiri dan langsung menuju lokasi.

Juga, jika Anda berasal dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas. Ikuti jalan menuju RS Cimacan, setelah sampai di pertigaan Paragajen, belok kiri dan langsung menuju lokasi.

Nah, kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa berhenti di Cipanas lalu naik angkot jurusan Cipanas – Cibodas yang banyak diseret orang di perempatan Cimacan.

Meredakan

Nah, untuk fasilitasnya sendiri, Kebun Raya Cibodas sangat mendukung fasilitas wisata keluarga di sana.

Sebagai kamar mandi, tempat penampungan, paviliun, serta tempat perkemahan dengan luas kurang lebih 3 hektar dan kapasitas 200 tenda. parkir mobil besar, ruang sholat, tempat bermain anak. Secara global fasilitas Kebun Raya Cibodas sudah bagus dan cukup lengkap.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika lapar, karena di sini tersedia banyak jajanan. KELUAR tersedia, selain makanan berat juga tersedia di beberapa mendukung makanan di sana.

ya kebanyakan seru, Kebun Raya Cibodas juga menyediakan transportasi pengunjung yang disebut “Wara wiri”. Sebuah mini bus yang tentunya sudah dimodifikasi apik dan digunakan untuk kendaraan angkut dengan harga tiket Rp 10.000 per orang dalam sekali perjalanan. Menyenangkan Baik?

Sebuah cerpen

Menurut beberapa sumber, kebun raya Cibodas ini sudah ada sejak tahun 1852 dan terkenal dengan Cibodas Kebun Raya oleh seorang ahli botani Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann.

Adapun tanggalnya sendiri adalah 11 April 1852 yang merupakan peletakan benih pertama pohon Kina. Oleh karena itu, hari ini dijadikan sebagai hari jadi Kebun Raya Cibodas. Dan yang kerennya ketika datang pada tanggal 11 April tidak dipungut retribusi apapun alias gratis.

Ok, kembali ke cerita, niat awalnya Kebun Raya Cibodas akan digunakan untuk budidaya tanaman kina, tapi ternyata garis besar tanahnya tidak cocok sehingga dialihkan ke kumpulan tanaman seperti paku-pakuan dan tumbuhan runjung.

Nah, pada tahun 2003, status kebun raya ini sudah mandiri dan menjelma menjadi pusat konservasi tumbuhan yang posisinya berada di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga sekarang.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Cianjur

secara global, Kebun Raya Cibodas sangat direkomendasikan sebagai kunjungan keluarga bagi anda yang ingin mengenalkan flora Indonesia kepada anak-anak anda. Sebuah wisata edukatif yang juga bisa membawa ketenangan pikiran karena pemandangan alam hijau yang akan Anda nikmati. Jadi ayo Apa yang kamu tunggu?

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button