Pulau Waigeo Raja Ampat, destinasi wisata bahari yang eksotis kaya pesona - WisataHits
wisatahits

Pulau Waigeo Raja Ampat, destinasi wisata bahari yang eksotis kaya pesona

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat:Kepulauan Raja Ampat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Waigeo di Raja Ampat juga dikenal sebagai Amberi atau Waigiu. Pulau ini terdapat di Papua Barat dan merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat. Menjadi salah satu destinasi liburan Raja Ampat, pulau eksotis ini menjadi satu-satunya pulau dengan jalan beraspal yang baik dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Menjadi pulau yang paling mudah diakses dengan kendaraan atau angkutan umum, akomodasi dan transportasi di pulau ini juga paling mudah di antara pulau-pulau lain di Raja Ampat. Akomodasi ini akan memudahkan wisatawan untuk mengakses berbagai tempat wisata yang tersebar luas, namun tidak akan mengurangi petualangan Anda menyusuri pulau ini.

Karena meski infrastrukturnya bagus, kondisi alam Pulau Waigeo juga sangat terjaga dengan baik. Pulau Waigo telah menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna langka yang hidup liar di perairan dan hutan belantara. Sebagian besar pulau belum terjamah dan tidak ada akses, sehingga lingkungan dan alam masih terjaga dengan baik.

Atraksi yang dimiliki Pulau Waigeo

Atraksi Pulau WaigeoKredit gambar: Google Maps Selamatkan Laut Kita

Pulau ini adalah surga bagi para pencari petualangan. Banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi dengan keindahan yang masih sangat terjaga. Untuk menuju ke sana juga tidak mudah. Namun, justru itulah daya tariknya karena semua penat akan terbayar dengan surga yang tersembunyi.

1. Pulau Karang

Pulau Waigeo memiliki keindahan pulau karang yang menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan membentuk gugusan yang indah. Berbentuk batu karang dengan pepohonan hijau di atasnya, pulau karang ini tersebar di berbagai area pulau. Berdiri di atas laut biru menambah keindahan pemandangan yang menarik wisatawan.

Beberapa pulau karang juga memiliki pantai pasir putih yang indah. Air laut di sekitar pantai sangat jernih dan terlihat seperti kristal. Ditambah dengan bebatuan karang menjadikannya perpaduan alam yang menakjubkan. Wisatawan tidak akan menyesal datang ke pulau dengan pemandangan karang ini.

2. Keindahan Bawah Laut

Wisata Kepulauan Raja Ampat memiliki keunggulan keindahan bawah lautnya, termasuk menjadi daya tarik utama Pulau Waigeo. Dengan perairan yang sangat jernih, hidup berbagai jenis spesies karang, berbagai ikan dan biota laut yang sangat kaya. Bahkan ada 8 jenis paus dan 7 jenis lumba-lumba yang hidup di perairan ini.

Pulau besar di Kepulauan Raja Ampat ini juga menjadi habitat duyung, penyu, hiu dan berbagai hewan endemik yang hanya hidup di Papua. Oleh karena itu, pulau ini menjadi salah satu tempat menyelam yang populer tidak hanya bagi wisatawan domestik tetapi juga bagi wisatawan asing. Dive spot ini sangat tenang dan kedalaman airnya bisa mencapai 25 meter.

3. Teluk Mayalibit

Objek wisata milik Pulau WaigeoKredit gambar: Twitter Yan

Salah satu destinasi wisata yang menjadi daya tarik Pulau Waigeo adalah Teluk Mayalibit. Di teluk ini terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan seperti desa Lopintol, air terjun dan Kalibiru. Berkunjung ke Desa Lopintol, wisatawan bisa melihat kearifan lokal yang sangat khas dari warga setempat.

Sedangkan Air Terjun adalah tempat dimana wisatawan dapat menemukan air terjun dengan ketinggian hanya 50 hingga 100 sentimeter. Air ini merupakan air tawar yang berasal dari pegunungan kemudian jatuh ke laut sehingga air di daerah tersebut menjadi air payau. Daerah ini memiliki ombak yang sangat tenang sehingga wisatawan dapat menikmati alam sambil berenang.

Sedangkan Kali Biru berada di Teluk Mayalibit. Merupakan kolam yang memiliki benang air berwarna biru dan sangat dingin. Untuk mencapai tempat ini cukup melelahkan karena Anda harus berjalan kaki selama 15 menit dan menyeberangi sungai kecil. Meski demikian, perjalanan ke kawasan ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Hutan observasi

Beberapa daerah di pulau itu liar. Ini adalah rumah bagi beragam flora dan fauna, beberapa di antaranya endemik Papua. Hutan ini biasa disebut hutan observasi. Salah satu hewan langka adalah burung Maleo Waigeo yang hidup di alam bebas dan cukup sulit ditemukan.

Burung ini berukuran cukup besar dengan panjang tubuh 43 sentimeter. Burung ini memiliki warna dominan coklat pudar dan kombinasi abu-abu di bagian punggung. Kepala dan lehernya sendiri hampir gundul. Karena hidup di alam bebas, hanya wisatawan yang beruntung yang bisa melihat burung unik ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Pulau WaigeoKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Waigeo adalah salah satu pulau dari Kepulauan Raja Ampat di provinsi Papua Barat. Untuk menuju Raja Ampat, Anda bisa melalui Jakarta atau Bali dan transit melalui Makassar untuk sampai ke Sorong. Dari Bandara Sorong, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sorong dengan menyewa kendaraan.

Dari Pelabuhan Sorong, Anda bisa menyewa perahu yang banyak tersedia untuk melakukan perjalanan langsung ke Waisai di kawasan pulau. Perjalanan di atas air yang akan Anda lakukan ini akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Setibanya, Anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai ke tujuan Anda, baik langsung ke tempat wisata atau tempat Anda menginap.

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau Waigeo

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau WaigeoKredit gambar: Google Maps Boru Dwi Sumarna

Biaya dari Pulau Waigeo akan banyak dihabiskan untuk transportasi. Saat memasuki Raja Ampat, Anda perlu membayar tiket masuk seharga Rp 500.000. Maka Anda perlu menyewa kendaraan. Sewa mobil biasanya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Selain itu perlu juga disediakan biaya akomodasi yang harganya bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa memilih tempat menginap yang sesuai dengan selera dan budget Anda.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan Di Pulau Waigeo

Aktivitas di Pulau WaigeoKredit gambar: Instagram Reza Yanuar Satria

Saat mengunjungi pulau eksotis ini, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Berbagai aktivitas tersebut tentunya akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi sangat menyenangkan dan berkesan. Dengan berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi, berikut aktivitas yang bisa dilakukan.

1. Snorkeling atau menyelam

Dengan perairan yang sangat tenang dan jernih, Pulau Waigeo merupakan tempat yang populer untuk snorkeling atau menyelam. Apalagi di kawasan ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang, biota laut, serta ribuan jenis ikan yang akan berenang bersama Anda. Apalagi di perairan tersebut juga hidup hewan-hewan besar seperti ikan paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain yang akan Anda temukan.

2. Lihat kearifan lokal

Jika Anda berkunjung ke desa Lopintol, Anda akan menemukan kearifan lokal dari penduduk setempat. Salah satu kegiatan yang menarik adalah memancing ikan dengan cara tradisional. Biasanya, ketika panen tiba, penduduk setempat berkumpul untuk membuat keramba ikan batu. Pada malam hari, mereka akan menangkap ikan lema di dalam keramba dengan cara menyendoknya menggunakan berbagai alat.

3. Mengamati hewan endemik Papua

Jika Anda seorang pecinta alam yang suka melihat atau mengamati hewan langka, maka Anda bisa datang ke hutan observasi. Di hutan ini Anda bisa melihat hewan langka, beberapa di antaranya endemik, hidup bebas di alam liar. Hutan ini hanya tempat pengamatan hewan langka, tidak dibenarkan untuk berburu.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit Gambar: Google Maps Talaip Homestay

1. Resor Pandawa

Merupakan hostel pilihan dengan lokasi yang strategis dan memiliki akses wisata wajib. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, antara lain AC, resepsionis 24 jam dan fasilitas hiburan seperti kegiatan memancing atau menyelam. Menawarkan pemandangan pantai, hostel ini juga dijaga oleh satpam 24 jam.

2. Homestay Talaip

Hostel ini sangat nyaman dengan bangunan yang menggunakan dinding kayu. Terletak di Waigeo Barat, hoemstay ini dekat dengan berbagai destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Dengan kamar yang bersih, hostel ini juga ramah anak.

3. Kamaraja Hometsay

Terletak di Waigeo Barat. Hostel ini sangat nyaman dengan dinding kayu. Pemandangan di sekitar juga indah. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau WaigeoKredit gambar: Google Maps Ria Aria Lai

Pulau Waigeo memiliki fasilitas berupa akomodasi dan transportasi yang mudah. Dengan jalan beraspal, mudah untuk berkeliling ke berbagai tempat yang mudah diakses di daerah ini. Penyewaan mobil atau motor pun berbeda-beda, selain angkutan umum yang bisa digunakan.

Anda juga bisa menemukan banyak hostel di kawasan pulau ini. Anda dapat memilih homestay atau hotel tergantung pada anggaran Anda. Jadi fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan, tergantung harga sewa per malamnya.

Fasilitas lainnya termasuk penyewaan peralatan untuk kegiatan seperti menyelam atau snorkeling. Beberapa hotel biasanya menyediakan tur atau akomodasi untuk kegiatan ini. Anda juga bisa mencari pemandu untuk menunjukkan tempat menyelam terbaik.

Pulau Waigeo merupakan salah satu pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat yang memiliki akses jalan yang cukup baik. Alamnya yang masih terjaga menjadikan pulau ini sangat cocok bagi para pecinta petualangan. Banyak sekali tempat luar biasa indah yang bisa dikunjungi. Juga sebagai tempat untuk melihat langsung flora dan fauna langka dan endemik Papua.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button