Mengenal Desa Wisata Kasongan, sentra kerajinan gerabah di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Mengenal Desa Wisata Kasongan, sentra kerajinan gerabah di Yogyakarta

JAKARTA, iNews.id – Kota Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata bersama dengan pulau Bali. Ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya Desa Wisata Kasongan di Desa Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY.

Desa Wisata Kasongan merupakan sentra kerajinan gerabah dan tanah liat. Orang-orang telah membuat berbagai kerajinan tanah liat dari generasi ke generasi. Bahkan di sepanjang jalan utama, warga memajang karya mereka di galeri mulai dari souvenir, perlengkapan rumah tangga, gelas, pot bunga dan lainnya.

Penasaran dengan objek wisata Desa Kasongan yang terkenal dengan kerajinan gerabahnya? Ulasan berikut dirangkum pada Kamis (27/10/2022).

Sejarah Desa Kasongan

Tembikar di Kasongan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Bahkan pada masa Perang Diponegoro (1825-1830), banyak orang membuat gerabah untuk keperluan sehari-hari, seperti kuali, pengaron, kendil, anglo, lad dan sebagainya.

Sejarah desa Kasongan cukup panjang. Dahulu, ada seekor kuda milik detektif Belanda yang tewas di sawah milik seorang warga desa selatan kota Yogyakarta. Pemilik tanah takut dihukum oleh Belanda yang saat itu menjajah, sehingga pemilik tanah melepaskan hak kepemilikan tanahnya, diikuti oleh penduduk lain yang juga takut akan hukuman. Beberapa sawah akhirnya diakui oleh penduduk desa lainnya.
Warga yang tidak memiliki sawah ini akhirnya memulai aktivitas baru di sekitar rumahnya, yaitu bercocok tanam tanah liat. Keunikan dari kerajinan ini adalah tidak pecah saat ditekan untuk peralatan dapur dan juga untuk mainan.

Penerbit: Kuntadi Kuntadi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button