Mendatte Park, Destinasi Wisata Alam Hits dan Lembaga Pendidikan di Enrekang - WisataHits
wisatahits

Mendatte Park, Destinasi Wisata Alam Hits dan Lembaga Pendidikan di Enrekang

Mendatte Park, Destinasi Wisata Alam Hits dan Lembaga Pendidikan di Enrekang
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 09.00–21.30 WITA, Alamat: Mendatte, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Mendatte adalah tujuan wisata utama milik Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan. Ada kawasan konservasi dan perkebunan subur.

Taman Mendatte merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Obyek wisata ini sedang hits, terutama di kalangan penggemar outdoor hiking dan camping.

Tempat wisata di Desa Mendatte ini menjadi tempat berlibur favorit masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Bahkan, kepopuleran tempat camping di kawasan timur Indonesia ini sudah terdengar hingga mancanegara dengan kedatangan banyak wisatawan mancanegara.

Pemandangan alam Mendatte Park selalu sangat indah dengan pemandangan alamnya yang hijau, seperti yang terlihat di film-film fantasi Hollywood. Hampir setiap sudut dan celah kawasan wisata ini cocok untuk digunakan sebagai tempat berkemah.

Atraksi Mendatte Park

Atraksi Taman Mendatte EnrekangKredit gambar: Google Maps Adelia

Taman Mendatte merupakan objek wisata di Enrekang yang dikelola oleh BUMDes setempat untuk berkemah dan kegiatan liburan lainnya. Destinasi wisata ini memiliki berbagai macam atraksi yang menjadikannya objek wisata yang populer.

1. Pemandangan alam yang indah

Mendatte Park merupakan destinasi wisata di Enrekang, Sulawesi Selatan yang wajib dikunjungi bagi masyarakat yang ingin menghabiskan liburan akhir pekannya. Tidak hanya untuk berkemah, banyak juga wisatawan yang datang hanya untuk bersantai menikmati pemandangan alam yang indah.

Butlas Natural Park atau yang lebih dikenal dengan Mendatte Park ini dikelilingi oleh gugusan pegunungan karst yang membentuk panorama megah seperti di negeri dongeng. Di sisi timur desa Mendatte diapit oleh deretan Pegunungan Nona sedangkan di sisi barat diapit oleh deretan tebing Bambapuang.

2. Penanaman yang subur

Daya tarik desa wisata ini bukan hanya panorama pegunungan yang megah, tetapi juga karena dikelilingi oleh perkebunan penduduk desa yang subur. Beberapa perkebunan penduduk di sekitar desa seperti jagung, bawang merah, kacang tanah, dll.

Perkebunan warga sekitar taman wisata ini sendiri merupakan salah satu penopang kemajuan wisata desa Mendatte.

3. Berbagai tempat konservasi satwa liar

Tidak hanya dikelilingi pemandangan alam yang indah dan asri, daya tarik lain yang ditawarkan Mendatte Park adalah berbagai satwa liar yang bisa ditemukan di sana.

Wisatawan bisa menikmati penampilan kawanan burung merpati, mulai dari merpati hingga kelinci putih yang berlarian di alam bebas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Mendatte Park EnrekangKredit gambar: Google Maps Albertrahmanp

Desa Mendatte adalah sebuah desa di lembah Suruganna Babapuang. Secara administratif, tempat wisata ini berada di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Meski desa ini diapit pegunungan, akses menuju lokasi wisata sebenarnya cukup mudah.

Mendatte Park terletak di pinggiran jalan trans atau poros provinsi Enrekang-Makale. Sedangkan dari segi aksesibilitas dari perkotaan. Tempat wisata ini mudah diakses. Waktu tempuh ke desa Mendatte dari kota Makassar kurang lebih 5-6 jam.

Harga tiket masuk Mendatte Park

Taman Mendatte atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam Butlas ini dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Makinawa, sehingga harga tiket masuknya sangat terjangkau. Bagi wisatawan yang datang ke kawasan wisata akan dikenakan biaya masuk hanya sebesar Rp 5.000.

Dengan tiket masuk yang sangat murah, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas di Mendatte Park, seperti hiking, hunting spot foto atau sekedar bersantai. Jika wisatawan ingin berkemah, disediakan tenda camping dengan biaya sewa Rp 30.000 per tenda.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Mendatte Park

Kegiatan Taman Mendatte EnrekangKredit gambar: Google Maps Ahmad Sidiq Yusuf

Berada di kawasan yang dikelilingi perbukitan karst menjadikan Mendatte Park sebagai objek wisata yang menawarkan berbagai aktivitas bagi wisatawan. Bagi siapa saja yang menyukai alam, Mendatte Park adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

1. Hiking di perbukitan bergaya pedesaan

Seperti yang kita ketahui, Mendatte Park terdiri dari sekumpulan perbukitan yang masih asri namun tidak terlalu terjal. Oleh karena itu, taman wisata ini sangat cocok sebagai tempat hiking bagi para pecinta olahraga panjat tebing.

Medan perbukitan yang tidak terlalu terjal dan ditumbuhi rerumputan hijau membuat taman wisata ini menjadi tempat pendakian yang ideal bagi para pemula. Waktu untuk mencapai puncak bukit tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung kecepatan pendakian.

2. Siapkan tenda untuk berkemah

Salah satu kegiatan utama yang ditawarkan Mendatte Park kepada wisatawan adalah fasilitas camping atau berkemah di sekitar kawasan taman wisata. Wisatawan dapat menikmati suasana pemandangan alam dan segarnya udara pegunungan sambil bercengkerama dengan teman atau keluarga di bumi perkemahan.

Jangan khawatir jika belum memiliki tenda sendiri karena pengelolanya yaitu BUMDes setempat menyediakan persewaan tenda dengan berbagai ukuran. Biaya sewa per hari juga sangat terjangkau bagi wisatawan.

3. Mencari foto instan yang instagramable

Untuk spot foto yang Instagramable, taman wisata di Enrekang ini memiliki ratusan spot foto untuk dijelajahi wisatawan. Wisatawan bisa berfoto di berbagai tempat menarik dengan latar belakang pegunungan hijau alami yang sangat menawan.

Belum lagi gugusan perbukitan dengan pepohonan hijau yang terhampar dan langit biru di atasnya membuat foto yang diambil di sini terlihat seperti lukisan hidup.

Jika ingin mendapatkan foto dengan background yang luar biasa, biasanya wisatawan memilih untuk berkemah di malam hari agar bisa mengabadikan foto dengan matahari terbit di atas puncak saat subuh.

4. Keluar ke lapangan terbuka

Taman Wisata Mendatte sering dipilih oleh masyarakat setempat, termasuk lembaga pendidikan seperti sekolah, untuk menyelenggarakan acara di luar negeri. Tempat wisata dengan lapangan yang luas dan masih asri menjadi tempat yang tepat untuk mengadakan kegiatan outdoor atau outing.

Ada berbagai jenis kegiatan outbond yang bisa dilakukan di taman wisata ini, mulai dari mendaki bukit, lari, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Mendatte Park EnrekangKredit gambar: Google Maps Bahar Saing

Berbagai fasilitas telah disediakan oleh pengelola kawasan wisata Mendatte Park. Fasilitas umum ini dibangun untuk memudahkan kunjungan wisatawan ke lokasi wisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi umum, toilet, tempat parkir yang luas dan mushola.

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat banyak warung makan untuk pengunjung menikmati aneka kuliner. Selain itu, pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto khusus dengan latar belakang pemandangan alam yang indah di sekitar tempat wisata.

Taman Mendette merupakan tempat wisata yang umumnya digunakan untuk berkemah bersama keluarga dan teman. Destinasi wisata yang terletak di wilayah Enrekang Sulawesi Selatan ini diapit oleh deretan pegunungan karst yang membentang dari barat ke timur. Pengunjung dapat mengalami perasaan seperti di surga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button