Taman I Love Sabang, spot foto menarik dengan pemandangan alam yang luar biasa - WisataHits
wisatahits

Taman I Love Sabang, spot foto menarik dengan pemandangan alam yang luar biasa

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Cot Ba’u, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Sabang tentu kalian kenal karena sudah dikenalkan dengan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” sejak kecil. Kota ini sendiri terletak di ujung timur Indonesia dengan banyak tujuan wisata yang menakjubkan termasuk Taman I Love Sabang yang dibangun pada tahun 2015.

Meski tergolong tempat wisata baru, taman cantik ini berhasil menjadi tempat berlibur favorit masyarakat Pulau Weh. Hal ini karena wisatawan akan menemukan alam yang indah di Taman I Love Sabang. Banyak tumbuhan hijau segar tumbuh subur di tempat wisata ini.

Spot fotonya juga banyak, termasuk tulisan I Love Sabang berwarna merah dan biru yang ada di tengah taman ini. Tak hanya itu, panorama sunset di Taman I Love Sabang juga menakjubkan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang mulai berdatangan ke sana pada sore hari.

Daya tarik yang dimiliki oleh Taman I Love Sabang

Objek wisata taman I Love SabangKredit gambar: Google Maps Supri Yatno

1. Pemandangan Matahari Terbenam

Taman I Love Sabang memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis. Keindahan pemandangan alamnya masih mampu memukau banyak wisatawan, apalagi jika dilihat dari dataran tinggi. Untuk itu, jika ingin menyaksikan sunset yang indah di taman ini, maka datanglah pada sore hari.

Seiring dengan pemandangan matahari terbenam yang indah di sore hari, suhu udara di taman ini mulai mendingin. Sehingga, saat ini menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan taman. Mengajak teman atau pasangan juga bisa melengkapi kebahagiaan selama berkunjung ke sana.

2. Alam yang indah

Karena Taman I Love Sabang berada di atas ketinggian, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona yang mengelilinginya. Pemandangan alam yang dimaksud adalah Teluk Sabang, Danau Aneuk Laot, hingga Pegunungan Iboih yang indah dari kejauhan.

Semua sajian alam yang indah ini akan membuat wisatawan jatuh hati. Ditambah lagi, aktivitas liburan pun terasa tentram jika ditemani pemandangan alam yang menyegarkan hati dan pikiran yang penat.

3. Bunga hias dan rerumputan

Atraksi lain di I Love Sabang ParkKredit gambar: Google Maps Mariza Juwita

Yuk lanjut ke atraksi berikutnya dari taman ini yaitu bunga hias dan rerumputan yang cantik. Keberadaan bunga dan rerumputan hias ini membuat banyak orang penasaran untuk melihatnya secara langsung.

Rerumputan hias tumbuh di sekitar taman yang membuat tempat wisata ini cukup unik. Ditambah lagi dengan keberadaan sejumlah bunga yang tumbuh subur di kawasan tersebut.

4. Kata-kata “Aku cinta Sabang”

Kata-kata “I Love Sabang” sedikit banyak berpengaruh dalam menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk datang ke taman tersebut. Tulisannya pun lebih eye-catching karena diwarnai dengan warna biru dan merah yang memberikan kesan ceria.

Letak tulisan berada di tengah taman sehingga mudah dilihat dan ditemukan. Bangunan cantik ini dijadikan sebagai tempat yang sepertinya wajib dikunjungi wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Saya suka alamat taman SabangKredit gambar: Google Maps Sayf Bsy

Lokasi taman I Love Sabang ini terletak di kota Sabang, di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau tepatnya di Cot Ba’u. Wisatawan pasti tidak akan kesulitan menemukan taman cantik ini, mengingat lokasinya yang strategis dan tidak jauh dari Pelabuhan Balohan. Akses jalan yang dilalui nantinya tidak sulit.

Dari kanan jalan, wisatawan bisa melihat lokasi taman. Lokasinya tidak jauh dari landasan pacu bandara Maimun Saleh. Untuk berkunjung ke ibu kota Aceh, wisatawan harus terlebih dahulu menuju pelabuhan Ulee Lheue.

Setelah itu menyeberang untuk menuju Pelabugab Balohan Sabang. Menurut informasi, jadwal pelayaran ke pelabuhan Balohan Sabang ada 3 kali per hari, yakni pada pukul 07.30, 22.30, dan 14.30 WIB. Mengenai harga tiket penyeberangan slow boat sekitar 28.000 rupiah per penumpang.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman I Love Sabang, tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk. Memang destinasi wisata populer ini tidak memungut biaya apapun untuk masuk wisata, alias gratis untuk semua wisatawan.

Oleh karena itu, pada saat hari libur besar, jangan heran jika banyak sekali wisatawan yang menjumpai taman ini. Meski tidak dipungut biaya masuk, keunikan taman ini tidak bisa dianggap remeh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman I Love Sabang

Saya suka kegiatan di Taman SabangKredit gambar: Google Maps Farid Rohman Sholeh

1. Bersantai di taman

Bagi Anda yang penat dari aktivitas sehari-hari, Anda bisa bersantai di Taman I Love Sabang. Kegiatan santai ini sering dilakukan pada sore hari karena matahari mulai terasa sejuk dan suasana menjadi lebih tenang.

Anda bisa bersantai di bawah pepohonan yang tumbuh subur di taman ini. Dijamin, Anda bisa merasakan kenyamanan saat bersantai di tempat ini.

2. Ambil foto Ria

Aktivitas menarik wisatawan selanjutnya di taman ini adalah berfoto dengan berbagai latar belakang yang bagus. Spot foto taman ini memang sangat banyak dan menarik. Misalnya berfoto dengan latar Danau Aneuk, tulisan I Love Sabang, Teluk Sabang dan Pegunungan Iboih yang menawan.

Apalagi masih ada bunga dan rerumputan cantik yang bisa membuat potret terlihat lebih baik. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang berencana untuk hunting foto di taman ini tentunya harus membawa perlengkapan pemotretan yang memadai.

3. Piknik

Anda tidak perlu bingung ingin melakukan aktivitas apa saat datang ke taman cantik ini karena salah satunya bisa berupa piknik. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh wisatawan yang datang bersama keluarga atau teman. Piknik adalah kegiatan yang menyenangkan tetapi tidak melelahkan.

Tentunya Anda juga perlu menyiapkan perbekalan, seperti makanan, minuman, dan snack yang Anda sukai. Hal yang paling penting untuk dibawa selanjutnya saat ingin piknik adalah permadani atau bantal. Nah, jika semua perlengkapan sudah dibawa, maka Anda bisa dengan nyaman melakukan kegiatan piknik.

Fasilitas yang tersedia di area taman

Saya suka fasilitas taman SabangKredit gambar: Google Maps Mimi Nazmi

Pertama kali tiba di Taman I Love Sabang, wisatawan akan menemukan tempat parkir. Fasilitas tersebut memang tidak seluas tempat parkir mobil lain di destinasi wisata pada umumnya. Namun luas areal parkir taman ini masih cukup untuk menampung kendaraan penumpang, mulai dari roda dua hingga roda empat.

Lanjut ke fasilitas selanjutnya yaitu adanya jalan setapak yang bisa ditempuh wisatawan untuk berkeliling taman. Fasilitas ini memang sengaja dibuat agar bisa dilalui wisatawan agar tidak menginjak rumput hias yang sengaja ditanam di area taman.

Fasilitas tangga juga bisa ditemui oleh wisatawan yang ingin mendaki untuk lebih dekat dengan kawasan pembangunan yang bertuliskan “I Love Sabang”. Tidak banyak tangga juga, jadi anak-anak dan orang dewasa dapat melewatinya dengan mudah. Selain itu, warna tangganya juga bagus, sehingga bisa digunakan untuk berfoto.

Demikian penjelasan lengkap tentang Taman I Love Sabang yang patut Anda apresiasi keindahan dan keunikannya. Taman ini dibangun oleh Pemerintah Kota Sabang dan Bank BNI. Jika Anda mengunjungi taman ini pada siang hari, sebaiknya kenakan penutup kepala karena matahari cukup terik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button