Mengenal Tugu Lautan Api Bandung, Wisata Sejarah di Kota Kembang - WisataHits
Jawa Barat

Mengenal Tugu Lautan Api Bandung, Wisata Sejarah di Kota Kembang

PITA Tidak hanya sekedar bisnis kuliner, Bandung juga memiliki berbagai tempat bersejarah yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Monumen Lautan Api Bandung.

Berlokasi di kawasan Tegallega, tugu peringatan ini dibangun untuk memperingati peristiwa sejarah Bandung Lautan Api yang terjadi ketika masyarakat Bandung berperang melawan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 23 Maret 1946.

Pada saat itu, orang-orang dan pejuang Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung.

Tujuannya adalah untuk mencegah pasukan Sekutu dan NICA Belanda (Netherlands Indies Civil Administration) menggunakan Bandung sebagai markas militer strategis dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Monumen Bandung Lautan Api memiliki ketinggian 45 meter dengan 9 panel. Konstruksinya berupa tiga bambu yang menyalakan api dan berwarna kuning keemasan, menjulang di atas lahan seluas 16 hektar.

Karya tersebut dirancang oleh seniman Sunaryo Soetono, seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa ITB yang memenangkan kompetisi mendesain Monumen Bandung Lautan Api pada tahun 1984.

Monumen ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di pusat kota kembang Bandung dan mudah dijangkau karena dilalui oleh kendaraan umum seperti bus dan lalu lintas kota.

Karena sudah menjadi salah satu tempat wisata sejarah di kota kembang ini, ada banyak kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat yaitu piknik di Taman Hutan Raya Kota Tegallega, kemudian melakukan olahraga seperti jogging, bermain bulu tangkis, bersepeda atau sekedar berolahraga. jalan-jalan dan makan.

“Saya sering datang ke sini saat liburan sekolah, terkadang di akhir pekan. Kalau santai kadang ke sini karena dekat,” kata Sumi, warga Sukaleueur.

“Sekarang sudah lebih baik, lebih bersih dari dulu. Itu diatur agar seseorang menyapunya. Saya juga suka datang ke sini setiap akhir pekan, banyak orang yang berjualan. Jual makanan, beli baju, semuanya ada, kadang olahraga juga,” kata pengunjung lain, Jumiati.

Bagi yang tertarik dan ingin datang ke ruang terbuka hijau dan melihat Monumen Bandung Lautan Api bisa datang langsung ke Taman Hutan Raya Kota Tegallega di Jalan BKR, Ciateul, Kecamatan Regol.

Source: inisumedang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button