Memperingati Jejak, Karnaval dan Ziarah Samanhoedi di Sondakan Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Memperingati Jejak, Karnaval dan Ziarah Samanhoedi di Sondakan Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pamflet memberikan informasi mengenai Agenda Jejak Budaya Samanhoedi yang digelar Jumat-Sabtu (14-15/10/2022) di Sondakan, Laweyan, Solo. (Spesial)

Solopos.com, SOLO – Pokdarwis Desa Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo kembali menggelar acara budaya Napak Budaya Samanhoedi (NBS) 2022. NBS ini merupakan yang ke-10 kalinya digelar untuk memperingati jejak sejarah pahlawan nasional asal Sondakan.

Pada Sabtu (15/10/2022) puncak karnaval Samanhödi dan pertunjukan wayang kulit Samanhödi akan berlangsung. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Solopos.comKH Samanhoedi adalah pendiri Persatuan Islam (SDI) yang lahir di Sondakan.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Warga setempat menjadikan Samanhoedi sebagai inspirasi sekaligus ikon gerakan dan semangat untuk membangun dan mengembangkan desa Sondakan sebagai destinasi wisata. Salah satunya masih menggelar acara tahunan NBS.

Pada Napak Tilas Samanhoedi (NBS) 2022, Pokdarwis mendatangkan teman Desa Sondakan, Solo untuk memperkuat identitas dan meningkatkan potensi lokal Desa Sondakan.

Rangkaian NBS ini diharapkan dapat menegaskan kembali identitas potensi budaya dan pariwisata di Desa Sondakan serta memperkuat komitmen pemangku kepentingan Desa Sondakan akan pentingnya masyarakat yang berbudaya.

Baca Juga: Tokoh Penting Sarekat Islam Tapi Tidak Diketahui

Tanpa mentalitas budaya yang memadai, tidak akan pernah ada ketertiban, kenyamanan, dan kesetiaan terhadap desa Sondakan. Masyarakat yang berbudaya akan menciptakan iklim persaudaraan yang penuh identitas dan kepribadian universal.

Ada juga beberapa acara antara lain Lomba Motif Batik Samanhoedi dari Juli hingga September 2022; Merenungkan Nilai-Nilai Mulia Samanhoedi dan Ziarah Samanhoedi di kawasan Ringin Jongke pada Jumat (14/10/2022) pukul 07:00 WIB.

Kemudian Beksan Laras Swara di kawasan Ringin Jongke, Jumat (14/10/2022) pukul 19.00 WIB. Karnaval Samanhoedi yang digelar Sabtu (15/10/2022) pukul 19.00 WIB menampilkan potensi 15 RW dan 52 RT di Desa Sondakan, Solo.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Museum Samanhoedi Solo Menyimpan Aset Berharga, lho

Kemudian ada pagelaran wayang kulit Samanhoedi di Kecamatan Ringin Jongke pada Sabtu (15/10/2022) pukul 20.00 WIB. Dengan lakon tersebut, Bagong Pujiono menjadi dalang di panggung wayang Rekso Rumekso Bangkit.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button