Maybank Marathon terus tingkatkan kualitas - WisataHits
Jawa Timur

Maybank Marathon terus tingkatkan kualitas

INFORMASI BISNIS – Maybank Marathon 2022 dapat berlangsung pada hari Minggu, 28 Agustus. Penyelenggaraan event lari yang mengusung semangat satu dekade ini terus meningkatkan kualitasnya untuk menghadirkan kompetisi yang nyaman, aman, tertib dan stylish.

Peningkatan kualitas menjadi suatu keniscayaan mengingat Maybank Marathon merupakan satu-satunya event marathon di tanah air yang telah mendapatkan sertifikasi dari World Athletics Body, World Athletics sejak mulai berjalan dan per tahun 2020 merupakan event marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan predikat “ Label Elit” dari Atletik Dunia.

Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Atletik Asia Sugumaran, Maybank Marathon yang menggelegar menarik perhatian dunia. “Acara ini dibahas di Boston Marathon,” katanya saat jamuan makan malam di Nikko Hotel, Benoa.

Tahun demi tahun, lanjut Sugumaran, Maybank Marathon terus berkembang melalui kolaborasi dan persiapan yang matang.

Secara terpisah, Project Leader Maybank Marathon Widya Permana mengatakan hal yang sama. Untuk mempertahankan gelar Elite Labelnya, Maybank Marathon terus belajar dari event sebelumnya dan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Untuk tahun ini Maybank Marathon telah menyiapkan gelang untuk dilampirkan kepada peserta yang datang untuk mengambil race pack pada tanggal 26 dan 27 Agustus. Gelang balap tahan air ini memastikan bahwa pesaing cocok dengan nama yang terdaftar dan mencegah nomor dada diteruskan ke orang lain atau joki.

Warna gelang lari bervariasi tergantung kelas maraton yang diikuti. Kuning mewakili kategori marathon (42 kilometer), merah untuk half marathon atau 21 kilometer, hijau untuk kategori 10 kilometer dan biru untuk kursi roda (wheelchair). Pada kategori Children Sprint juga terdapat gelang warna ungu dan hijau muda untuk anak-anak.

Warna pada ban lengan lomba juga sesuai dengan warna pada nomor dada, yang juga dibagikan kepada peserta lomba tetapi hanya digunakan pada saat perlombaan. Perlu diketahui bahwa race pack yang dibagikan kepada peserta terdiri dari kaos, nomor dada dan gelang lomba.

Mengingat jumlah peserta tahun ini hampir 10.000 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, panitia juga telah menyiapkan enam lokasi shuttle bus yang akan mengantar peserta ke titik start di Bali Safari & Marine Park, Gianyar. Keenam lokasi tersebut berada di Kuta 1, Kuta 2, Denpasar, Sanur, Nusa Dua dan Ubud. Artinya peserta tidak perlu membawa kendaraan ke Bali Safari untuk menghindari kemacetan. Selain itu, lintasan balap akan ditutup mulai Sabtu malam.

Yang juga menarik adalah tersedianya 20 titik foto di sepanjang jalur marathon, mengabadikan momen bagi para peserta. Pelari dapat mengunduh foto diri mereka saat berlari dari situs yang disediakan oleh Maybank. Fasilitas ini tergolong baru dan pertama kali tersedia pada lomba lari marathon di Indonesia.

Panitia juga telah menyiapkan 40 alat pacu jantung atau pacemaker yang akan memandu para peserta. Artinya, peserta yang telah menetapkan target waktu untuk mencapai garis finis sesuai kategori yang dipilih dapat mengikuti ritme lari pacer. Acara maraton ini bukan hanya tentang mengejar medali, ini adalah kesempatan bagi pelari untuk membuat kemajuan dalam catatan waktu mereka.

Wasa, 17, mengatakan dia ingin mendapatkan pengalaman dan meningkatkan waktu pelatihannya.

“Saya lari sekitar 7-8 kilometer setiap hari. Untuk lari 1 kilometer bisa 6-7 menit,” kata siswa SMA asal Tuban, Jawa Timur yang memilih lari setengah maraton pada acara tersebut.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button