Tim ekspedisi 77 Jawa Timur siap menerbangkan Merah Putih di Puncak Arjuno pada 17 Agustus - WisataHits
Jawa Timur

Tim ekspedisi 77 Jawa Timur siap menerbangkan Merah Putih di Puncak Arjuno pada 17 Agustus

Liputan6.com, Surabaya – Tim Ekspedisi Jawa Timur ke-77 bersiap untuk mengibarkan bendera merah putih sekaligus Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Arjuno.

“Ini adalah salah satu cara mencintai tanah air sekaligus menebarkan cinta NKRI kepada dunia,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (15/8/2022).

Selama perjalanan menuju puncak Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), pendaki sebanyak 77 orang ini akan menanam pohon pinus.

Para pendaki yang tergabung dalam tim Ekspedisi 77 itu juga membawa bendera merah putih yang disebar di pemukiman warga sekitar lereng gunung.

Gunung Arjuno dipilih karena berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Rakyat R Soeryo dan adanya cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2015.

Tim ekspedisi Gunung Arjuno 77 ini diikuti oleh para pendaki yang berasal dari beberapa perwakilan, antara lain unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), perempuan, Pramuka, media, stakeholder pariwisata, relawan dan mahasiswa pecinta alam.

Khofifah juga berpesan kepada seluruh pendaki agar berhati-hati dan kompak, serta mengutamakan keselamatan untuk seluruh proses yang akan dilakukan.

Mantan Mensos itu juga berharap, pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno dapat menggugah semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI.

Upaya mengembalikan fungsi hutan di Gunung Arjuno Pasuruan yang terbakar beberapa bulan lalu terus dilakukan oleh warga dan aktivis lingkungan. Mereka menanam ribuan bibit tanaman, didampingi oleh Mbah Sadiman yang menerima Kalpataru dan sejumlah penghargaan lainnya di bidang…

Source: surabaya.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button