MATTA Travel Exchange memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan pariwisata Malaysia-Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

MATTA Travel Exchange memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan pariwisata Malaysia-Indonesia

MATTA Travel Exchange memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan pariwisata Malaysia-Indonesia

MATTA Travel Exchange memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan pariwisata Malaysia-Indonesia

Krjogja.com – SLEMAN – Tourism Malaysia dan Malaysia Association of Tour and Travel Agents (MATTA) mengadakan Roadshow MATTA Travel Exchange (MTEX) ke Indonesia lagi dari 12 hingga 15 Desember 2022 untuk mempromosikan Malaysia sebagai tujuan perjalanan utama. Kota Yogyakarta dan Surabaya menjadi tujuan 20 pelaku. Industri pariwisata Malaysia hadir sebagai penjual. Delegasi penjual dari Malaysia bertemu dengan agen perjalanan dari Indonesia untuk berbagi perkembangan terbaru pariwisata Malaysia, termasuk produk baru.

Junus Suhid, Director of Tourism Malaysia mengatakan MTEX ​​kembali hadir di Indonesia untuk memberikan wadah bagi para pelaku industri Malaysia setelah hiatus selama pandemi. Khusus untuk travel agent yang tergabung dalam MATTA dan product owner untuk membangun jaringan untuk mempromosikan produk/jasa mereka dan memperluas peluang bisnis dengan travel buyer di DIY dan Surabaya.

“Pariwisata Malaysia menyambut baik dan mendukung pelaksanaan program ini. Kami berharap MTEX ​​​​​​​​Roadshow ke Indonesia dapat diselenggarakan secara rutin dan menjadi wadah bagi pemangku kepentingan industri pariwisata Malaysia dan Indonesia untuk bekerja sama dalam revitalisasi bersama pariwisata kedua negara. kata Junus usai pembukaan Roadshow MTEX ​​– Yogyakarta di The Alana Hotel & Convention Center, Selasa (13/12/2022).

Junus percaya bahwa program business-to-business (B2B) seperti ini akan membuka lebih banyak peluang bisnis dan kolaborasi antara pelaku industri Malaysia dan Indonesia. Malaysia bertujuan untuk menarik hingga 9 juta wisatawan internasional ke Malaysia tahun ini. Indonesia merupakan pasar utama dengan jumlah kedatangan wisatawan terbesar kedua setelah Singapura.

“Malaysia telah dikunjungi sedikitnya 799.000 wisatawan asal Indonesia sejak perbatasan dibuka pada 1 April 2022 hingga September 2022. Kami ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, termasuk dengan DIY, untuk menarik dan meningkatkan wisatawan dua arah atau timbal balik melalui roadshow MTEX,” ujarnya.

Tazbir Abdullah, anggota direksi ASITA Manners DIY mengapresiasi sosialisasi ini karena merupakan bukti upaya revitalisasi pariwisata. Artinya MTEX ​​​​​​​​Roadshow merupakan langkah nyata yang mempertemukan penjual dan pembeli, karena Malaysia dan DIY merupakan dua destinasi yang laris manis, ditambah dengan kehadiran Bandara Internasional Yogyakarta (BIY).

“Sudah ada penerbangan langsung dari DIY ke Kuala Lumpur, Malaysia, meski tidak setiap hari. Pergeseran bisnis pariwisata akan menguntungkan DIY dan Malaysia karena keduanya merupakan pasar utama. Jadi mari kita tingkatkan bisnis pariwisata antara Malaysia dan Indonesia, khususnya DIY,” kata pakar pariwisata Yogyakarta.

Ketua ASTINDO DIY I Erwin Santoso menambahkan, Malaysia merupakan salah satu hub bagi negara-negara di kawasan ASEAN, sehingga perlu dilakukan promosi direct flight sebanyak-banyaknya. Ini akan menguntungkan kedua belah pihak untuk mempromosikan industri pariwisata normal seperti sebelumnya. (ira)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button