Ahmad Basarah mendukung upaya para kepala desa se-Malang Raya - WisataHits
Jawa Timur

Ahmad Basarah mendukung upaya para kepala desa se-Malang Raya

Ahmad Basarah mendukung upaya para kepala desa se-Malang Raya

TRIBUNNEWS.COM – Wakil Ketua MPR dan Anggota DPR RI Dapil Malang Raya, Ahmad Basarah menerima dan memfasilitasi akomodasi 200 delegasi kepala desa se-Malang Raya yang dipimpin langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi di Wisma Atlet Jakarta, Senin (16/01/23).

Mereka datang ke Jakarta untuk meminta DPR RI mengubah Pasal 39(1) UU No 6 Tahun 2014, yang mengubah masa jabatan kepala desa dari enam menjadi sembilan tahun.

Di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, mereka diterima Ketua Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Basarah untuk konsolidasi dan arisan. Dalam sambutannya, Ahmad Basarah yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan menghormati aspirasi para kepala desa se-Malang Raya yang bersama puluhan ribu kepala desa lainnya dari seluruh Indonesia yang juga datang ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi. aspirasi yang sama di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (17/1/23) pagi.

“Ada dua alasan mengapa saya berharap pemerintah dan DPR RI memperhatikan tuntutan para kepala desa tersebut. Pertama, enam tahun memang tidak cukup bagi kepala desa untuk membangun daerahnya masing-masing, karena dua atau tiga tahun pertama masa jabatannya biasanya dihabiskan untuk konsolidasi. Kedua, setelah Covid-19, anggaran negara untuk pemilihan kepala desa harus disimpan untuk pembangunan, bukan untuk pemilihan kepala desa,” kata Ahmad Basarah kepada lebih dari 200 kepala desa se-Malang Raya di Wisma Atlet, Senin malam.

Ahmad Basarah juga menegaskan mendukung aspirasi para kepala desa selama aspirasi mereka disampaikan secara konstitusional, lancar dan damai. Ia menegaskan bahwa kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat secara lisan dan tertulis dijamin oleh undang-undang Republik Indonesia.

Sejauh ia menerima masukan dari kepala desa, Anggota Komisi X DPR RI itu mencatat, setidaknya ada tiga tuntutan dari kepala desa se-Indonesia yang ingin dia ajukan ke DPR RI. Pertama, proses pemilihan kepala desa 2024 ditunda karena dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2024 dan pilkada serentak 2024. Kedua, masa jabatan kepala desa diperpanjang dari enam tahun menjadi sembilan tahun. Ketiga, peningkatan anggaran pembangunan desa, khususnya desa tertinggal.

“Saya melihat tiga tuntutan kepala desa itu relevan dan konstitusional, semuanya disengaja dan ditujukan untuk kemajuan bangsa dan negara. Lebih lanjut, perpanjangan jangka waktu enam tahun menjadi sembilan tahun sangat relevan mengingat desa merupakan wilayah administrasi terkecil dalam sistem pemerintahan Indonesia. Jangka waktu sembilan tahun bisa dibagi maksimal dua periode atau 18 tahun,” kata doktor ilmu administrasi lulusan Universitas Diponegoro Semarang itu.

“Khusus untuk desa se-Malang Raya, Ahmad Basarah mengakomodir keinginan masyarakat yang merasa meskipun Malang Raya merupakan daerah wisata yang sangat potensial, namun anggaran untuk mengembangkan desa wisata masih sangat kecil.” berkoordinasi dengannya Bupati HM Sanusi untuk memajukan pembangunan di Malang Raya,” janji Ahmad Basarah yang disambut antusias pada acara tersebut oleh ratusan kepala daerah.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi mengucapkan terima kasih atas dukungan Ahmad Basarah yang memberikan akomodasi bagi seluruh kepala desa se-Malang Raya. Dia mengatakan itu adalah kepala desa cangkang depan untuk pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada tahun 2024.”

“Jika aspirasi mereka diperhitungkan secara konstitusional, maka pelaksanaan demokrasi dan pembangunan nasional dijamin akan berjalan lancar,” kata Sanusi.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Hasan Bashori berharap, permintaan DPR RI agar DPR RI merevisi masa jabatan kepala desa disetujui DPR RI. Ia mengklaim, upaya tersebut merupakan tuntutan bersama seluruh kepala desa di tingkat nasional, karena sembilan tahun merupakan waktu yang ideal bagi desa kelapa untuk membangun daerahnya masing-masing.

“Oleh karena itu, kami senang wakil-wakil terpilih kami yang kini berada di pimpinan MPR RI menyambut baik dan mengakomodir upaya kami,” ujar Bashori.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button