Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Peresmikan MGPSSR Candi Catur Parhyangan – Realitalampung.com - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Peresmikan MGPSSR Candi Catur Parhyangan – Realitalampung.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Peresmikan MGPSSR Candi Catur Parhyangan – Realitalampung.com

LAMPUNG TENGAH – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Vihara Catur Parhyangan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) di Provinsi Lampung, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, pada Jumat (01/06/2023). Kuil ini diharapkan menjadi satu
potensi wisata spiritual umat Hindu di Provinsi Lampung.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada umat Hindu MGPSSR yang membangun rumah ibadah yang dipersembahkan pada hari baik ini,” kata Arinal.

Dalam kesempatan itu, Arinal mengajak umat Hindu untuk terus membangun sinergi membangun Lampung melalui ekonomi, salah satunya mendukung program unggulan Kartu Tani Berjaya (KPB).

“Mari kita sukseskan bersama program ini agar perekonomian Lampung sejahtera,” ujarnya.

Dia juga meminta dukungan karena Pemprov Lampung akan melakukan pekerjaan konstruksi beberapa ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah pada 2023 yang menjadi kewenangan provinsi.

Bagian ini juga termasuk akses jalan di sekitar candi. Ruas tersebut adalah seksi Kota Gajah – Simpang Randu, seksi Simpang Randu – Seputih Surabaya, seksi Seputih Surabaya – Sadewa dan seksi Bandar Jaya – Mandala.

“Kabarnya jalan itu sudah puluhan tahun rusak, tapi alhamdulillah baru dibangun tahun 2023,” ujarnya.

Menurut dia, beberapa ruas jalan tersebut merupakan jalan prioritas untuk dibangun karena tidak hanya menawarkan pilihan transportasi yang lancar, tetapi juga berpotensi memberikan knock-on effect untuk meningkatkan perekonomian.

“Jalan-jalan ini menjadi prioritas untuk mendongkrak perekonomian,” ujarnya.

Arinal mengimbau umat Hindu untuk terus menjaga situasi di Lampung agar tetap aman, sejuk dan kondusif, terutama di awal tahun politik.

“Keluarga Hindu harus ikut menjaga situasi yang memungkinkan di Lampung. Mari bersatu, jadikan Lampung nomor satu,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI I Komang Koheri dan Hanan A. Rozak, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan Ketua MGPSSR Jenderal I Wayan Wita.

Kemudian Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung I Nyoman Setiawan dan Ketua MGPSSR I Bagiasa Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua Umum MGPSSR I Wayan Wita meminta umat Hindu di Provinsi Lampung untuk ikut bersama Gubernur dalam memuliakan Lampung.

“Walaupun berbeda suku dan agama, sebagai warga Lampung kita adalah satu saudara, mari kita berdoa untuk Lampung yang sejahtera,” kata Wayan.

Wayan mengapresiasi sinergi yang tercipta antara umat Hindu dan pemerintah dalam pembangunan Pura MGPSSR Catur Parhyangan di Provinsi Lampung.

“Hari ini sangat istimewa, candi ini sangat artistik. Ini berkat kerjasama yang terjalin dengan pemerintah,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua MGPSSR Provinsi Lampung I Made Bagiasa yang mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Bupati atas dukungannya sehingga pembangunan candi berjalan dengan baik dan dapat diselesaikan.

“Klenteng ini menjadi tujuan wisata spiritual. Kami ucapkan terima kasih, semoga Lampung semakin sukses terus,” ujarnya. (Adpim)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button