Mari berwisata ke Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra Malang. Berita Riau terbaru online - WisataHits
Jawa Timur

Mari berwisata ke Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra Malang. Berita Riau terbaru online

Di Pantai Gatra, salah satu pantai yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC), warga setempat dapat menggunakan jaring tradisional untuk menangkap ikan untuk lauk mereka (Foto: Jonathan Surbakti)

MISKIN– Wisata pasar ikan ini merupakan bagian dari Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Kabupaten Malang yang dikelilingi oleh berbagai destinasi wisata laut. Wisata pasar ikan ini didasari oleh program Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas hasil perikanan di Indonesia.

Nelayan membawa hasil tangkapan ikan tuna ke Pelabuhan Penangkapan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Selain itu, ada rencana membangun pelabuhan wisata di kawasan ini untuk menjadi tujuan wisata. Secara garis besar pasar ini memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai kawasan perdagangan baik dalam jumlah kecil maupun besar yang difasilitasi dengan adanya tempat pelelangan ikan. Fungsi kedua adalah sebagai tujuan wisata yang dapat meningkatkan pendapatan para pedagang dan nelayan setempat.

Anda bisa melihat kapal nelayan tradisional di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC), bersama dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup. Seperti semua pantai di Malang, pantai ini terletak di bagian selatan Malang dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Perahu nelayan tradisional di Pelabuhan Penangkapan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan pemandangan yang indah dan cocok juga untuk wisata di daerah tersebut (Foto: Jonathan Surbakti)

Meski berada di pesisir selatan pulau Jawa yang tipikal ombaknya besar, namun ombak di Pantai Gatra relatif tenang dan tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan adanya karang lepas pantai yang dapat memecah ombak.

Suasana hilir mudik perahu nelayan di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap Sendang Biru pada siang hari, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Anda dapat melihat muara yang menghubungkan Pantai Gatra dengan sungai kecil di mangrove yang merupakan bagian dari Mangrove Conservation (CMC) Clungup Mangrove Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti

Jembatan kayu di Pantai Gatra Clungup Mangrove Conservation (CMC), Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai Gatra berada di kawasan CMC. Akses menuju pantai ini terbilang mudah, meski butuh usaha untuk sampai ke sana (Foto: Jonathan Surbakti)

Anda bisa melihat dua pengunjung bermain di Pantai Gatra. Saat memasuki pantai ini semua barang bawaan harus diperiksa karena pantai ini menerapkan “Zero Trash” sehingga apapun yang dibawa masuk harus dibuang dari tempat sampah (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai ini juga memiliki banyak keindahan untuk anda lihat, dengan pasir putih yang bersih, air yang jernih, ombak yang tidak terlalu besar serta pemandangan pulau karang lepas pantai yang melengkapi keindahan Pantai Gatra. Anda pasti akan baik-baik saja dan tidak ingin pulang (John)

Teavel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button