Pesisir Laut Selatan Indonesia menawarkan prospek yang menakjubkan namun berbahaya - WisataHits
Yogyakarta

Pesisir Laut Selatan Indonesia menawarkan prospek yang menakjubkan namun berbahaya

Pesisir Laut Selatan Indonesia menawarkan prospek yang menakjubkan namun berbahaya

Pesisir Laut Selatan Indonesia menawarkan prospek yang menakjubkan namun berbahaya
Pantai Sendiki. ©2018 malang-guidance.com

Merdeka.com – Banyak pantai selatan Indonesia yang menjadi tujuan wisata masyarakat. Pantai selatan Indonesia memang terkenal kerap menyuguhkan pemandangan luar biasa di setiap daerahnya.

Salah satunya adalah pantai selatan Jawa. Tempat-tempat tersebut tersebar di selatan Pulau Jawa, seperti Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Parangtritis di Bantul, Timang di Gunung Kidul, Papuma di Jember, Sendiki di miskindan lainnya.

Artikel media Taboola

Namun yang perlu diperhatikan, dibalik keindahannya terdapat keamanan yang perlu dijaga. Selama libur Lebaran 2021 saja, hingga 16 wisatawan mengalami kecelakaan fatal di tempat wisata pantai Sukabumi, Jawa Barat, seperti dilansir Liputan6. Berikut ini adalah jenis-jenis pantai di laut selatan Indonesia:

2 dari 3 halaman

Pelabuhan Ratu di Pantai Laut Selatan Indonesia


Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang sangat populer di Sukabumi. Pesisir laut selatan ini memiliki kombinasi pantai yang terjal dan landai dengan tebing terjal. Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan ombaknya yang besar, sehingga wisatawan tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki sejarah mistis tersendiri. Namun, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul. Meski memiliki sejarah mistis yang cukup kental, pantai ini memiliki keindahan panorama alam yang unik.

Fitur ini ditandai dengan kombinasi pantai yang curam dan landai. Selain itu juga terdapat cagar alam berupa hutan dan pegunungan, serta bebatuan yang cukup terjal.

Pantai Cemoro Sewu adalah pantai lain di Bantul yang dipenuhi pepohonan hijau. Karena banyaknya pohon pinus di pantai ini, maka pantai ini diberi nama Cemoro Sewu. Wisata pantai jogja ini cocok dikunjungi saat ingin beristirahat dan melepas penat.

Di pesisir Laut Selatan, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Pengunjung juga dapat menjelajahi pantai dengan kereta kuda, ATV, atau jip. Ada juga berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak di Pantai Cemoro Sewu, seperti perosotan dan piggyback ride. Jika lelah Anda juga bisa menyewa hammock untuk bersantai sambil menikmati suara deburan ombak di pantai.


Pantai selatan ini menyimpan banyak keindahan, pesona alam, dan mitos yang tersembunyi di balik bebatuan besar.

Wisata wonogiri ini sudah terkenal di kalangan penggiat spiritual. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mengunjungi pantai ini dengan aman. Pantai ini terletak di Dusun Semmbuh, Kecamatan Paranggupito, tepatnya di ujung selatan Wonogiri atau sekitar 40 kilometer dari pusat kota.

Pantai Papuma adalah salah satu tempat wisata alam terindah di Jember. Pantai dengan pantai berpasir putihnya ini dijamin akan mengundang Anda untuk berlama-lama. Selain itu, banyaknya kapal yang berlabuh di bibir pantai akan membuat pemandangan pantai semakin indah, lengkap dengan ombaknya yang begitu tenang.

Juga angin pantai yang semakin sering menyambut pengunjung sangat lembut sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

3 dari 3 halaman

Pantai Laut Selatan Indonesia Sendiki Malang


Pesisir laut selatan Indonesia yang patut dikunjungi adalah Pantai Sendiki. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Berkunjung ke pantai ini Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra. Akses menuju pantai ini cukup sulit, namun masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Begitu sampai di loket, Anda harus menaiki belasan anak tangga untuk sampai ke Pantai Sendiki

Pantai ini berada di balik bukit, dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang bersih dan pepohonan yang beraneka ragam. Pengunjung akan merasa betah di sini karena suasananya cukup tenang.

Bagi yang suka camping, pantai ini adalah tempat yang tepat, namun jika anda berkunjung bersama keluarga dan malas membawa tenda, pengunjung juga bisa menyewa rumah pohon dengan bentuk yang unik dan tentunya nyaman. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya Rp 10.000/orang dan biaya parkir Rp 10.000. Jika ingin berkemah, biayanya hanya Rp 40.000/malam.

Pantai Santolo

Pantai laut selatan ini merupakan salah satu tempat pemandian di Garut yang menjadi primadona warga saat ini. Ombaknya tidak terlalu besar, pantai ini terbilang bersih dan memiliki hamparan pasir putih halus yang cukup panjang. Padahal, keberadaan Taman Wisata Alam Santolo yang terletak di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

[amd]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button