Bupati Buka Kerjasama Internasional PKM Antara Pemkab Jombang dan Unair - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Buka Kerjasama Internasional PKM Antara Pemkab Jombang dan Unair

Bupati Mundjidah Wahab saat membuka Kerjasama Internasional KKN Kabupaten Jombang – Unair Surabaya di Aula Kabupaten Jombang, Selasa (20 September).

Jombang, Bhirawa

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, kemarin (20/9) meresmikan pembukaan Program Pengabdian Masyarakat Internasional (PKM) kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di Aula Kabupaten Jombang Balai Kabupaten Jombang.
Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Unair Surabaya yang telah melaksanakan program pengabdian masyarakat internasional di Kabupaten Jombang.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Airlangga Surabaya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Bupati Mundjidah Wahab.
Bupati berharap program PKM ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak, khususnya dengan mendukung program pemerintah Kabupaten Jombang dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).
“Program dan kebijakan pemerintah daerah dapat dikomunikasikan kepada masyarakat dan dilaksanakan. Karena sivitas akademika dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya di masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menimba ilmu dan menjalankan program pemerintah dengan baik,” kata Bupati Mundjidah.
Bupati Mundjidah menyatakan Kabupaten Jombang memiliki ekowisata yang salah satunya berada di kawasan hutan lindung di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, yaitu Ekowisata Permata Hati (konservasi air dan hutan berbasis partisipasi).
“Ekowisata didirikan pada tahun 2014. Ekowisata Mendiros Permata Hati telah menerima banyak pengakuan dan penghargaan. Ekowisata ini masuk dalam nominasi Top 25 Kovablik (Tingkat Provinsi Jawa Timur) tahun 2019 dan Top 99 Sinovik (Tingkat Nasional) tahun 2020. Dan pada tahun 2022 berhasil meraih juara 1 kompetisi Wanalestari tingkat nasional kategori kelompok tani hutan. Saya berharap kegiatan ini akan terus berlanjut. Mari kita kembangkan pariwisata Jombang dengan tetap menjaga alam dan menjaga lingkungan,” harap Bupati Jombang.
Sementara itu, Direktur Logistik, Keselamatan, Ketertiban, Lingkungan (LKKL) Unair Surabaya, Dr. Karnaji bahwa program PKM dengan tema “Ekowisata Berbasis Masyarakat untuk Masa Depan Berkelanjutan” akan berlangsung pada 20-23 September. Program ini merupakan lanjutan dari program PKM tahun lalu.
“Tahun lalu kami memulai program PKM di Desa Panglungan Wonosalam, kemudian dilanjutkan tahun ini,” ujarnya.
Program PKM Internasional atau lebih dikenal dengan ICS (International Community Services) merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Unair Surabaya yang melibatkan masyarakat internasional yaitu mahasiswa dari UTHM University dan MSU Malaysia.
“Tujuan dari kegiatan ini adalah transfer ilmu civitas akademika baik dari dalam maupun luar negeri terkait upaya promosi pariwisata berbasis eco di Kabupaten Jombang. Karena nanti juga akan ada Group Discussion Forum (FGD) dengan peserta dari SKPD dengan materi pengembangan dan promosi pariwisata di Jombang,” jelas Karnaji
Karnaji berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang sehingga program yang digagas Unair Surabaya ini dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat Jombang. [rif.fen]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button