Maraknya Wisata Olahraga di Bumi Sriwijaya - WisataHits
Jawa Barat

Maraknya Wisata Olahraga di Bumi Sriwijaya

Maraknya Wisata Olahraga di Bumi Sriwijaya

PALEMBANG, Sumatera Selatan (ANTARA) — Kegiatan wisata olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, sempat menurun setelah pemerintah daerah mengumumkan salah satu warganya meninggal dunia akibat COVID-19 pada Maret 2020.

Kota yang mendeklarasikan diri sebagai destinasi wisata olahraga sejak 2010 itu kemudian terpaksa menertibkan aktivitas berskala besar selama hampir setahun penuh untuk menekan kasus COVID-19 yang cenderung meningkat.

Itu pun, wisma atlet Jakabaring Sport City itu harus dialihfungsikan menjadi RS darurat karena 18 RS rujukan tak mampu lagi menampung peningkatan pasien 84 persen atau 2.454 orang dalam satu minggu.

Pemerintah setempat akhirnya menghentikan semua kegiatan olah raga, musik atau massa sepanjang tahun 2021.

Awal tahun 2022, pemerintah setempat mulai menghidupkan kembali olahraga massal di kota sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya abad ke-9 ini.

Diawali dengan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (Fornas) VI yang akan digelar di Jakabaring Sport City, Palembang selama seminggu penuh mulai 1 hingga 7 Juni 2022.

Kota ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia (Muri) Indonesia karena Fornas edisi ke-6 ini memiliki jumlah penonton terbesar sepanjang sejarah organisasi olahraga masyarakat, mencapai 12.141 orang dari 34 provinsi.

Agustus lalu, kota yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-1.337 tahun ini, kembali menjadi tuan rumah Piala AFF Wanita U-18. Disusul timnas Indonesia dan delapan negara tetangga (Vietnam, Thailand, Kamboja, Singapura, Australia, Myanmar, Malaysia, dan Filipina).

Kedua acara Upacara resmi dibuka dengan tarian kolosal dan kembang api. Namun perlu ditekankan bahwa acara ini masih bersifat sangat terbatas, hampir tidak ada penggemar di stadion, hanya disiarkan di saluran TV digital.

Semua itu karena Kota Palembang belum sepenuhnya bebas dari COVID-19, meski kasusnya turun tajam.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel melaporkan positivity rate tetap di angka 3,14 persen dari periode sebelumnya dan mencapai 20 persen — 84 persen sehari.

Hingga akhirnya, pada Desember 2022, Presiden Joko Widodo secara resmi mencabut peraturan pembatasan kegiatan masyarakat karena kasus penularan COVID-19 sudah terkendali berkat vaksinasi COVID-19 yang semakin masif, bahkan hingga empat dosis vaksin per orang.

Perintah eksekutif tersebut membawa angin segar bagi keberlangsungan sport tourism nasional, khususnya di ibu kota Sumatera Selatan tersebut.

Palembang sebagai kota yang memulai debutnya menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional pertama di luar pulau Jawa pada tahun 2004 dalam rangkaian multi acara Olah raga internasional dalam 2 dekade terakhir (SEA Games, Asian Games, Islamic Solidarity Games), tahun ini kembali digandeng untuk meningkatkan spesialisasi tersebut, termasuk proliga.

Proliga 2023

Palembang kembali terpilih menjadi tuan rumah Proleague 2023 putaran pertama pekan ketiga yang berlangsung di Tempat Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Jalan POM, IX, dari 19 hingga 22 Januari.

Kompetisi bola voli profesional terbesar di Indonesia di musim ke-21 kali ini menampilkan 14 tim, dengan sisa 14 pertandingan, jumlah peserta terbanyak sejak musim 2013.

Masing-masing terdiri dari delapan tim putra yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta LavAni Allo Bank, STIN BIN Jakarta, BIN Samator Surabaya, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Pertamina Pertamax Jakarta dan Sukun Badak Kudus.

Kemudian enam tim putri yakni Jakarta Pertamina Fastron, Bandung BJB Tandamata, Petrokimia Pupuk Indonesia Gresik, BIN Jakarta, Jakarta Popsivo Polwan dan Jakarta Electric PLN.

Pelatih kepala Bhayangkara Presisi Jakarta Reidel Alfonso Gonzalez Toiran (kanan) saat jumpa pers pada pekan ketiga PLN Mobile Proleague 2023 putaran pertama seri Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (19-1-2023) ANTARA/M Riezko Bima Elko P Pelatih Kepala Tim Putra Jakarta Bhayangkara Presisi Reidel Alfonso Gonzalez Toiran mengakui seri Palembang merupakan yang terbaik dari babak pertama Proleague yang pernah ia dan timnya mainkan.

Seri Palembang, menurut pria asal Kuba itu, lebih baik dari segi kelayakan infrastruktur gedung olahraga yakni PSCC, karena memiliki perlengkapan yang lengkap, mulai kabin pemain, lapangan representatif yang besar dan luas, di samping itu. di antaranya memiliki pendingin udara (AC).

“Dulu kami mulai berkeringat ketika memulai di Seri Bandung – Seri Purwokerto, yang mempengaruhi semangat juang, tapi di sini saya senang, asik, karena semuanya sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Toiran saat bermain Pertamina Pertamax usai pertandingan di Jakarta. .

Mantan pemain voli Surabaya Samator itu menuturkan, Palembang selalu mendapat tempat spesial di hatinya.

Hal ini tak lepas dari antusiasme warga Palembang yang hingga kini selalu memenuhi gedung olahraga untuk menjadi suporter setiap kali timnya bertanding.

Dukungan pemain “ketujuh” itu menjadi salah satu faktor yang turut mendukung kesuksesan tim asuhannya saat ini.

Jakarta Bhayangkara Presisi memenangkan putaran pertama ProLeague 2023 setelah secara meyakinkan mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron 3-0 (25:19, 25:16, 27:25) di game ke-40 minggu ketiga putaran pertama di PSCC.

“Terima kasih, Palembang tidak pernah berubah,” ujarnya.

Asisten Pelatih Tim Putra Sukun Putra Kudus Nur Widayanto pun sempat menyampaikan kepada wartawan liputan bahwa antusias penonton terhadap serial Palembang sangat luar biasa.

Meski demikian, para pemain Sukun Badak Kudus diinstruksikan untuk bermain lepas dan tidak gentar saat menghadapi tim SumselBabel Palembang Bank yang bermain di depan penonton tuan rumah. Instruksi tersebut membuat tim Badak memaksa tuan rumah bermain empat set, meski skor akhir tidak berpihak kepada mereka, yakni 3-1 (23-25, 20-25, 25-22, 22-25) untuk Bank Palembang. menangkan SumselBabel.

antusias penonton

Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang saat itu tak menyurutkan niat warga setempat untuk menyaksikan laga pembuka PLN Mobile Proliga 2023 pekan ketiga babak pertama secara langsung di PSCC, Kamis 19 Januari.

Pantauan di lapangan, tampak pintu masuk PSCC di Jalan Pom IX mulai menggiurkan di tengah hujan yang mulai turun sekitar pukul 10.00 WIB.

Salah satu penonton yoga, 28 tahun, mengatakan, kehadirannya di ajang olahraga tersebut didorong oleh rasa ingin tahunya untuk merasakan suasana menonton Liga Nasional Bola Voli secara langsung di Palembang.

“Ini adalah tahun pertama saya di Palembang dalam hal persiapan, sebelumnya saya berada di Surabaya. Saya ingin merasakan seperti apa suasananya ketika melihat liga pro di sini, eh ternyata hujan, tapi yaudahlah,” kata redaktur studio foto di Jalan Jendral Sudirman Palembang itu.

Yoga menyatakan mendukung tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia yang menghadapi Jakarta Elektrik PLN pada laga pembuka Pekan Proliga 3 2023 putaran pertama.

Pasalnya, tim berjuluk Kebo Giras yang bermarkas di Gresik, Jawa Timur itu sekaligus menyandang gelar runner-up ProLeague 2022.

1.700 penonton per hari

Panitia Pelaksana PLN Mobile Proleague 2023 pekan ketiga seri Palembang putaran pertama melaporkan sebanyak 1.700 tiket/kursi telah disediakan sejak pesta olahraga bergengsi yang berlangsung pada 19-22 Januari itu.

Jumlah tiket per hari yang disediakan panitia habis terjual. Hal ini menunjukkan besarnya minat warga sekitar untuk merasakan suasana pertandingan olah raga yang 2 tahun lalu hanya bisa disaksikan secara online.

Ketua Panitia PLN Mobile Proleague 2023 Seri Palembang Bambang Wahyu Nugroho membenarkan, harga tiket yang relatif mahal Rp 75.000 pun tidak menyurutkan warga untuk datang langsung.

Meski PPKM dicabut oleh Presiden Joko Widodo, panitia tetap membatasi jumlah penonton.

1.700 kursi itu hanya 70 persen dari kapasitas penuh tribun di PSCC, dulu dikenal sebagai GOR Palembang, yang dibangun pada 1971.

Kebijakan Batas Penonton sejalan dengan Peraturan Polda Sumsel untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19 melalui penayangan.

Kondisi keamanan tinggi

Kesuksesan penyelenggaraan Proleague 2023 tak lepas dari keterlibatan aparat kepolisian setempat yang memberikan pengamanan optimal dari sebelum hingga usai kompetisi.

Sedikitnya 700 polisi bersiaga di sekitar PSCC. Ratusan personel itu ditarik masing-masing dari Satuan Intel, Satuan Reserse Kriminal, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Palembang dan beberapa staf Pengamanan Objek Vital Negara Polda Sumsel.

Kapolres Palembang Kota Kombes Pol. Mohkamad Ngajib mengatakan, seluruh rangkaian event pro liga dilaksanakan dengan mengacu pada aturan pelaksanaan kegiatan massa yang dibakukan oleh Polda setempat pada akhir tahun 2022.

Dalam Peraturan Polisi Berseragam, setiap panitia pelaksana wajib mengajukan izin paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan.

Kemudian tentukan titik darurat atau ruang kritis untuk dua hingga tiga orang per kaki persegi, siapkan kerumunan, buat denah lantai penuh dengan arah masuk dan keluar penonton.

Momentum kebangkitan

Wakil Direktur ProLeague Reginald Nelwan menyatakan seri Palembang sukses menjalankan perannya sebagai tuan rumah dan menuntaskan putaran pertama ProLeague PLN 2023.

Kesuksesan tersebut ditunjukkan dengan kemauan daerah untuk melanjutkan tren positif liga pro di masa “normal” baru pascapandemi COVID-19.

Dibandingkan dengan penayangan acara Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 1.700 orang per hari atau total 6.800 orang selama 4 matchday dengan harga tiket Rp 75.000.

“Ke depan kita harus lebih progresif lagi. Terima kasih,” katanya.

Secara khusus, Direktur Utama Bank SumselBabel, Akhmad Syamsudin mengatakan, pihaknya sebagai bagian dari penyelenggara berharap Proleague menjadi pendorong kebangkitan sport tourism di kota ini.

Selain itu, Palembang akan kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun ini bersama Jakarta, Bandung, Solo, dan Bali.

Melalui berbagai event olahraga kelas atas yang telah terselenggara diharapkan mampu mendorong prestasi olahraga daerah setempat.

Melalui ajang pro liga ini, bank SumselBabel menunjukkan keteguhannya dalam mendukung kemajuan olahraga di Bumi Sriwijaya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button