Tidak sengaja menemukan Candi Nempon, Wisata Tersembunyi Semarang - WisataHits
Jawa Timur

Tidak sengaja menemukan Candi Nempon, Wisata Tersembunyi Semarang

Liputan6.com, Semarang – Candi Ngempon terletak di Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Bangunan batu ini terletak di tengah areal persawahan.

Dikutip dari situs Kemdikbud.go.idNamun, sejarah candi ini belum diketahui secara pasti. Namun karena coraknya, Candi Ngempon merupakan peninggalan budaya Hindu.

Istilah ngempon konon berasal dari fungsi kawasan candi. Dahulu, tempat ini adalah tempat para brahmana menjadi tuan. Baik untuk bidang kerohanian, Kanuragan, sastra atau budaya. Dari istilah master digunakan istilah ngepon. Candi Ngempon ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1952 oleh seorang warga sekitar bernama Kasri.

Konon, candi ini dibangun pada abad VIII-IX. Candi ini awalnya ditemukan dalam keadaan rusak dengan bebatuan yang sudah runtuh. Kemudian Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan pemugaran sebanyak dua kali pada tahun 2006 dan 2009.

Candi ini memiliki 4 bangunan yang terdiri dari 1 candi induk dan 3 candi pembantu. Candi induk berukuran 3,77 mx 3,87 m dengan tinggi 4,45 m.

Ada 3 candi Perwara, masing-masing berukuran 2,85m x 2,85m dan tinggi 4,15m. Sebenarnya, ada sembilan bangunan di kompleks candi Ngempon.

Namun sejauh ini baru empat bangunan yang berhasil direkonstruksi. Sedangkan lima bangunan lainnya tidak dapat dibangun kembali karena fondasinya rusak dan dipenuhi reruntuhan bangunan candi.

Sebuah candi induk di sebelah timur, ditemani oleh 2 candi kecil anak di kanan dan kiri, menunjuk ke arah yang sama. Sedangkan 3 candi lainnya merupakan candi pembantu yang menghadap ke arah candi induk atau ke arah barat.

Bahkan di dalam Candi Ngempon ditemukan arca-arca antara lain Durga, Ganesha, Kinara Kinari dan Nandi. Arca-arca tersebut kini disimpan di Museum Ronggowarsito di Semarang.

Kompleks Candi Ngempon merupakan satu kesatuan dengan mata air panas atau Bangau Pentirtaan di seberang sungai. Mungkin sumber air panas ini dulunya merupakan tempat peristirahatan atau transit para empu sebelum memasuki kompleks candi.

Candi Nempon ini bisa dikunjungi sebagai tempat wisata di Semarang meski tidak ada tiket masuk atau gratis masuk.

Semarang merupakan pusat kota bersejarah pemerintahan provinsi Jawa Tengah. Salah satunya adalah Lawang Sewu. Lantas, apa saja tempat wisata yang memiliki nilai sejarah di Semarang? Tim Destinations mengundang Anda untuk menghabiskan akhir pekan…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button