Peristiwa Langit November Gerhana bulan total berwarna dan 3 hujan meteor - WisataHits
Jawa Barat

Peristiwa Langit November Gerhana bulan total berwarna dan 3 hujan meteor

TEMPO.CO, jakarta – Peristiwa astronomi bulan ini akan diwarnai hujan meteor dari tiga penjuru langit serta gerhana bulan total pada 8 November 2022. Waktu terjadinya gerhana akhir tahun di Indonesia tidak akan merata. “Di Indonesia bagian barat, gerhana matahari akan segera terjadi begitu bulan purnama muncul,” kata Avivah Yamani, aktivis komunitas astronomi Sky South Bandung, Rabu, 2 November 2022.

Menurut lulusan astronomi ITB ini, gerhana bulan total dimulai pada 8 November 2022 pada 15/2/15 WIB. Kontak kedua terjadi saat bulan memasuki umbra inti bumi dan gerhana matahari sebagian dimulai pada 16/09/12 WIB. Gerhana bulan terjadi ketika sinar matahari bulan terhalang oleh bumi.

Fase gerhana total dimulai 16/17/39 hingga 18/41/36 WIB atau hampir 1,5 jam. Puncak gerhana matahari terjadi pada pukul 17.59.11 WIB. Kontak terakhir penumbra atau bayangan bagian luar Bumi yang mengakhiri seluruh proses gerhana bulan terjadi pada pukul 20.56.09 WIB.

Bagi pengamat di Indonesia Timur, semua fase parsial dan total dapat diamati. Pengamat di Indonesia, sementara itu, bisa menyaksikan keseluruhan fase gerhana hingga akhir. Pengamat di Indonesia dapat melihat puncak gerhana bulan total hingga akhir proses.

Selain gerhana, ada tiga peristiwa hujan meteor. 12 November adalah puncak hujan meteor Taurian Utara dengan lima meteor per jam. Muncul dari konstelasi Taurus dari 20 Oktober hingga 10 Desember 2022, hujan meteor disertai bola api dapat dilihat dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Kemudian, pada 6 November hingga 30 November, hujan meteor Leonid akan muncul dari bintang Leo. Pada puncaknya pada 17 dan 18 November, ia dapat meluncurkan 10 meteor per jam. Rasi bintang Leo baru muncul setelah tengah malam atau pukul 01.19 WIB.

Hujan meteor alfa monocerotid 15-25 November, memuncak pada 21 November, menembakkan setidaknya lima meteor per jam. Waktu pengamatan dimulai pukul 21:38 WIB saat rasi Canis Minor terbit hingga dini hari.

Membaca:
Observatorium Bosscha akan menyiarkan gerhana bulan total secara langsung dari 3 lokasi

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button