Desa wisata di Jawa Tengah terpacu untuk terus berinovasi - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata di Jawa Tengah terpacu untuk terus berinovasi

Pertemuan rutin desa liburanPertemuan rutin desa liburan di Desa Wisata D’Las.

Semarang, Idola 92.6 FM – Disporapar Jawa Tengah terus mendorong pengelola desa wisata untuk berinovasi dan menawarkan hal baru bagi wisatawan. Tujuannya agar desa liburan tetap ramai dikunjungi wisatawan dan selalu membawa hal-hal baru dari setiap tujuan desa liburan.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disporapar Setyo Irawan di Jawa Tengah mengatakan, ada 818 desa wisata di provinsi ini dan masing-masing desa wisata memiliki kondisi yang berbeda-beda. Hal itu disampaikannya dalam pertemuan di kantornya baru-baru ini.

Setyo menjelaskan, Pemprov terus memperkuat pengelola desa wisata untuk berbenah dan berinovasi memberikan yang terbaik bagi wisatawan. Bahkan, pertemuan rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali untuk membahas perkembangan desa wisata di Jawa Tengah.

Menurut Setyo, hasil pertemuan rutin tersebut disampaikan kepada pengelola desa wisata setiap tiga bulan sekali untuk memperkenalkan agenda pariwisata terkini, dan selalu berbeda setiap periodenya.

“Teman-teman desa liburan sudah siap. Selalu ada pertemuan rutin setiap tiga bulan sekali. Selain itu, kami juga memiliki grup WA untuk semua pengelola kampung liburan di Jawa Tengah. Ada 818 desa liburan. Kami terus berkomunikasi dan terus meningkatkan sumber daya manusia dan hal lainnya,” kata Setyo.

Selain itu, Setyo mengatakan pemerintah provinsi tidak tinggal diam membantu pengelolaan desa wisata di Jawa Tengah. Yakni dengan memberikan dukungan dari gubernur kepada desa liburan yang diverifikasi.

Tahun ini, 131 desa wisata didukung dengan total Rp 18,5 miliar.

“Untuk desa wisata kategori maju, dukungannya bisa mencapai 1 miliar rupiah. Kalau pembangunannya Rp 500 juta dan desa wisata perintis Rp 100 juta,” pungkasnya. (Tunas)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button