Catat jadwalnya! Pada Oktober 2023, 5 event spektakuler akan berlangsung di Pekalongan - WisataHits
Jawa Tengah

Catat jadwalnya! Pada Oktober 2023, 5 event spektakuler akan berlangsung di Pekalongan

Catat jadwalnya!  Pada Oktober 2023, 5 event spektakuler akan berlangsung di Pekalongan

BABAD.ID – Warga Pekalongan punya kabar baik buat kamu di bulan Oktober. Pada Oktober 2023 akan ada acara budaya di daerah Anda.

Babad.id memberikan informasi mengenai jadwal dan tempat acara yang akan diselenggarakan di Pekalongan pada bulan Oktober 2023.

Berdasarkan informasi tersebut, diadaptasi dari Kalender Event Jateng 2023 yang disusun oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng.

  • Pesta Batik Bakaran
    Festival Batik Bakaran berlangsung sebagai bagian dari Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Festival ini dimeriahkan dengan membatik bersama, kirab budaya, berbagai perlombaan, dll. Informasi lengkap tersedia melalui Instagram: @desawisatabakaranwetan.

    Festival Batik Bakaran akan dilaksanakan pada Oktober 2023 di Desa Wisata Bakaran Wetan, Kabupaten Pati.

  • Festival Seni Batik Kauman
    Setiap tahun, Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman mengadakan Festival Seni Batik Kauman untuk memperingati Hari Batik Nasional. KBAF sudah ada sejak tahun 2018. Rangkaian acara bertema seputar Pranggok on the Street yaitu pengenalan tie-dye dengan menghadirkan dapur-dapur produksi di jalan utama agar dapat dilihat oleh pengguna jalan, khususnya Jalan Hayam Wuruk. Acara lain yang diadakan di Kampoeng Batik Kauman adalah pentas seni, fashion dan kuliner dll. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses Instagram: @kampbatikkauman.

    Festival Seni Batik Kauman akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2023 di Kampoeng Batik Kauman Kota Pekalongan.

    Baca Juga: Polisi Ingin Damai, Ibu Hasya Diduga Korban Kecelakaan, Tolak, Saya Tuntut Keadilan!

  • Karnaval Batik Pekalongan
    Karnaval Batik Pekalongan merupakan event tahunan berupa karnaval yang menampilkan berbagai kreasi motif kostum tie-dye sebagai puncak peringatan Hari Batik Nasional.

    Acara Pekalongan Batik Carnival akan digelar di Stadion Hoegeng, Jl. Diponegoro Kota Pekalongan pada Oktober 2023.

  • Getaran Batik Pesindon
    Pesindon Batik Vibes digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional. Kampung Batik Pesindon telah ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Wisata Budaya dan Belanja Batik Pekalongan sejak 10 Mei 2020. Acara ini menampilkan berbagai macam ide dan bakat kreatif dari generasi muda lokal Pesindon.

    Event Kampung Batik Pesindon akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di Kampung Batik Pesindon Kota Pekalongan.

  • Pesta Kopi Purbalingga
    Festival Kopi Purbalingga (FKP) merupakan acara yang diinisiasi oleh Ruang Kopi Purbalingga, sebuah komunitas yang menampung para pemangku kepentingan industri kopi di Kabupaten Purbalingga. FKP berhasil menyedot perhatian lebih dari 22.000 penikmat kopi dari kota Banyumas dan sekitarnya hingga Jakarta dan Surabaya.

    Festival Kopi Purbalingga akan diselenggarakan pada Oktober 2023 di Taman Kota Usman Janatin, Kabupaten Purbalingga.

    Baca Juga: Pentingnya Mimpi Saat Membaca Surah Ar-Rahman Menurut Islam: Akan Mendatangkan Nikmat

  • Pasar Pinjaman Grebeg
    Grebeg Pasar Loano merupakan tradisi bersih desa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Tradisi ini diisi dengan berbagai acara antara lain kirab budaya, aneka lomba, pentas seni, pameran produk UMKM, pentas kuda, pentas tari nyanting dan lain-lain.

    Event Grebeg Pasar Loano Oktober 2023 di Bukit Cinta, Rawa Pening, Kabupaten Semarang.

  • Karnaval Budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe
    Prosesi budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe digelar di Kelenteng Hok Ie Kiong di Slavi. Seng Thian Kongco atau Dewa Liem Thay Soe adalah salah satu dewa di Indonesia yang terletak di Kelenteng Slavia dan Cikarang. Karnaval budaya ini juga dimeriahkan dengan festival kuliner. Pada tahun-tahun sebelumnya, karnaval berlangsung menjelang akhir Oktober.

    Acara Karnaval Budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

  • Pekan Sholawat Maulid Kanzu
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar secara megah di gedung Kanzus Sholawat. Rangkaian acara Pekan Maulid antara lain: Pasar Rakyat, Barzanji Ulang Tahun, Nikah Massal, Karnaval Merah Putih, Apel Merah Putih, Parade Pajangan Jimat Pekalongan dan Maulid Akbar. Informasi lengkap tersedia melalui Instagram @kanzus.sholawat.

    Baca Juga : Pentingnya Mimpi Membaca Surah Al-Fatihah Menurut Islam : Seperti Seorang Ibu Yang Selalu Mendatangkan Kebaikan Untuk Anaknya

    Acara Pekan Sholawat Maulid Kanzus September 2023 akan diselenggarakan di Jl. DR Wahidin-Kota Pekalongan

  • Festival Keroncong Internasional
    Festival Keroncong Internasional merupakan upaya untuk melestarikan musik keroncong sekaligus meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang.

    Perhelatan Festival Keroncong Internasional akan diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2023 di Kota Lama Semarang, Kota Semarang.

  • Haul Ki Ageng, keluh Juwana
    Haul Ki Ageng Ngerang diadakan setiap tanggal 17 oleh Rabiul Awal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan pengabdiannya dalam menyebarkan agama Islam di Desa Trimulyo.

    Event Haul Ki Ageng Ngerang Juwana akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di Makam Ki Ageng Ngerang, Desa Trimulyo, Kabupaten Pati.

  • Tradisi budaya Sinomwidodo Tambakromo
    Tradisi tahunan ini diadakan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul leluhur desa yaitu Ndoro Sinder atau Kyai Wot Sinom yang bernama Raden Haryo Suwongso keturunan Majapahit. Lima gunungan dan satu panggung drum band turut meramaikan event tahunan ini.

    Baca Juga: Kapan Puasa Ramadhan 2023? Berikut penjelasannya

    Acara cagar budaya Sinomwidodo Tambakromo digelar di kompleks makam R. Haryosuwongso di Desa Sinom Widodo, Kec. Tambakromo, Kabupaten Pati pada tanggal 2 Oktober 2023.

  • Parade kebaya
    Parade kebaya merupakan upaya untuk melestarikan kebaya di zaman modern. Pada acara ini, para tokoh dan ratusan wanita Semarang yang mengenakan gaun kebaya yang mempesona menghadiri pawai tersebut.

    Parade Kebaya akan digelar pada 2 Oktober 2023 di Kota Lama Semarang, Kota Semarang.

  • Pekan Batik Nusantara
    Rangkaian acara spektakuler dalam rangka Hari Batik Nasional dengan pameran produk tie-dye, kuliner, kerajinan tangan, UMKM, warung Dekranasda, otomotif, pameran buku dan perbankan. Kegiatan berlangsung di kawasan budaya Jetayu.

    Acara Pekan Batik Nusantara akan diselenggarakan mulai tanggal 2 Oktober hingga 7 Oktober 2023 di kawasan Jetayu kota Pekalongan.

  • Karnaval Tie-Dye Solo
    Karnaval Batik Solo menampilkan parade ratusan penampil yang mengenakan kostum tie-dye yang dimodifikasi dengan nuansa kontemporer dan kreatif. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses Instagram: @solotikcarnival_official.

    Event karnaval ikat celup tunggal akan digelar pada 6 Oktober 2023 di Stadion Sriwedari, Balai Kota Surakarta, Kota Surakarta.

    Baca Juga: Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan Bukan Diduga, Begini Tanggapan Kampus

  • Busana tie-dye tunggal
    Solo Batik Fashion adalah fashion show tie-dye kontemporer oleh perancang busana. Di tahun 2023 ini event ini akan berlangsung untuk yang ke-15 kalinya.

    Acara Solo Batik Carnival akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2023 di Pendapi Gede, Balai Kota Surakarta.

  • MesaStila100
    MesaStila100 adalah event lari ultra trail yang unik dan ekstrim melintasi dan mendaki hingga lima gunung di Jawa Tengah yaitu Andong, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Gilituri, berakhir di MesaStila Resort and Spa. Info lengkap di Instagram @melastila100.

    Event MesaStila100 akan diselenggarakan pada 6-8 Oktober 2023 di Mesastila Resort & Spa, Kabupaten Magelang.

  • Karnaval Batik Blora
    Karnaval Batik Blora menampilkan karya tie-dye masyarakat Blora dan memperingati Hari Batik Nasional. Karnaval berlangsung di sepanjang Jl. Anak muda.

    Acara Blora Batik Carnival berlangsung di Sepanjan Jl. Pemuda, Kabupaten Blora pada tanggal 7 Oktober 2023.

    Baca Juga: Lengkapi Berkas Administrasi Pengajuan Beasiswa LPDP 2023, Langkah Awal Lolos Seleksi!

  • Merti Tirta Amerta Bhumi
    Tradisi Merti Tirta Amerta Bhumi berlangsung setiap Jumat Pahing di bulan Oktober. aktivitas
    diawali dengan ritual pengambilan air suci oleh penduduk asli di sekitar situs Liyangan dan lereng gunung Sindoro. Kemudian mereka yang hadir berjuang untuk panen pegunungan.

    Acara Merti Tirta Amerta Bhumi dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2022 di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kabupaten Temanggung.

  • Festival Kalipucang Wetan
    Kalipucang Wetan Festival mengangkat budaya lokal khususnya Batik Rifai’yah sebagai simbol kegiatan. Rangkaian acara meliputi festival rebana, dialog budaya, bazaar UMKM dan wisata batik. Narahubung: Bambang (085876793993).

    Festival Kalipucang Wetan akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2023 di Kampung Batik Rifa’iyah, Desa Kalipucang Wetan, Kabupaten Batang.

  • Festival Rewanda Bojana
    Rewanda Bojana merupakan tradisi masyarakat Desa Cikakak untuk memberi makan kepada ratusan kera yang tinggal di sekitar Masjid Saka Tunggal. Pada musim kemarau sumber makanan monyet berkurang, sehingga masyarakat dihimbau untuk membantu dengan buah dan sayur. Uniknya, buah dan sayuran tersusun dalam bentuk gunungan.

    Baca Juga: Wanita Muslimah Masih Bingung Soal Waktu Kosong Saat Melahirkan? Simak penjelasannya di bawah ini

    Festival Rewanda Bojana akan diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2023 di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas.

  • Semarang Heritage Family Run
    Semarang Heritage Family Run mengusung konsep sport tourism. Acara lari ini bisa diikuti keluarga sambil menikmati suasana tempo dulu di Kota Lama Semarang.

    Acara Semarang Heritage Family Run akan diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2023 di Kota Lama Semarang, Kota Semarang.

  • Rakernas Jaringan Kota Pusaka
    Temu Jaringan Kota Pusaka Nasional ke-10 dihadiri oleh 73 pemimpin daerah dari seluruh Indonesia untuk melestarikan, melindungi, berkolaborasi dan mempromosikan keragaman warisan di kawasan lindung dan cagar budaya.

    Baca Juga: Biografi Imam Abu Hanifah an-Nu’man, Ulama Mandiri yang Menolak Jadi Bagian dari Penguasa

    Rapat kerja nasional Jaringan Kota Pusaka akan diselenggarakan di Kota Semarang pada 25-28 Oktober 2023.

    Berikut adalah daftar event yang akan berlangsung di Pati pada bulan Oktober 2023. ***

  • Source: news.google.com

    Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Back to top button