Malam Nominasi FFI 2022 di Candi Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

Malam Nominasi FFI 2022 di Candi Borobudur

Malam Nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022 akan digelar pada Sabtu (22/10) di Taman Wisata Candi Borobudur.

Menurut Direktur PMM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ahmad Mahendra, memilih lokasi itu sudah lama menjadi impian.

Apalagi setelah Borobudur ditetapkan sebagai lokasi wisata prioritas utama oleh pemerintah. “Kami ingin meningkatkan nilai dan memuliakan Borobudur,” kata Mahendra, Jumat (21/10) di Magelang.

Mahendra berharap kedepannya FFI dapat bekerja sama dengan Pemkab Magelang di bidang perfilman untuk mempromosikan cerita dan kearifan lokal di Borobudur.

“Semoga malam pencalonan FFI ini dapat menginspirasi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran tentang Borobudur,” harap Mahendra.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyambut baik dan bangga dengan pilihan Kabupaten Magelang, khususnya Candi Borobudur.

“Jelas ini suatu kesenangan dan kehormatan. Ini juga menjadi rumah bagi film-film Indonesia di Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Menurut Bupati, acara Malam Nominasi FFI di Borobudur akan menjadi pendorong untuk memulai kedekatan antara pelaku seni, khususnya sineas, dengan masyarakat. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata.

Terkait hal itu, Bupati Magelang membekali tim FFI dengan transportasi wisata berupa VW safari untuk menjelajah Borobudur.

Rombongan tim FFI terdiri dari Ketua Panitia FFI 2021-2023 Reza Rahardian dan beberapa artis diantaranya Cut Mini, Prilly Latuconsina dan Shenina Cinnamon sebagai Duta FFI.

Reza Rahardian mengatakan selama ini FFI bisa bekerja sama dengan pejabat pemerintah dan sineas dan tidak mungkin bersaing sendirian di ajang Malam Nominasi FFI.

Menurutnya, Malam Nominasi FFI di Candi Borobudur menjadi simbol bagi dunia perfilman untuk berhubungan dan berkolaborasi dengan dunia budaya.

“Juga, Borobudur adalah tujuan wisata prioritas, jadi mengapa tidak?” dia berkata.

Reza menjelaskan, ada 20 film nominasi untuk Malam Nominasi FFI 2022. Dari 20 film tersebut, FFI membentuk Akademi Citra yang beranggotakan para pemenang Citra dari profesinya masing-masing untuk menentukan nominasi secara kolektif melalui sistem voting.

“Hasilnya akan diumumkan nanti, baru kita tahu berapa dari 20 film yang akan masuk nominasi,” jelas Reza Rahardian.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button