Malam Nominasi FFI 2022 digelar di kawasan Candi Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

Malam Nominasi FFI 2022 digelar di kawasan Candi Borobudur

Magelang (ANTARA) – Malam Nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022 digelar pada Sabtu (22/10) di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Direktur Film, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan di Magelang, Jumat, memilih Candi Borobudur sebagai lokasi FFI 2022 sudah lama menjadi impian, apalagi setelah Borobudur ditetapkan sebagai situs wisata prioritas utama.

“Kami ingin menambah nilai dan memuliakan Borobudur,” ujarnya saat bersama tim FFI berkunjung ke rumah dinas Bupati Magelang.

Ia berharap ke depan FFI bisa bekerja sama dengan Pemkab Magelang di bidang perfilman untuk mempromosikan cerita dan kearifan lokal di Borobudur.

Baca Juga: Stupa Hanya Ada di Candi Borobudur

“Semoga Malam Nominasi FFI dapat menginspirasi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran tentang Borobudur,” ujarnya.

Ketua Panitia FFI 2021-2023 Reza Rahardian mengatakan, selama ini FFI mampu bekerja sama dengan baik dengan jajaran pemerintah dan insan perfilman dan tidak mungkin melakukan malam pencalonan FFI ini sendirian.

Menyelenggarakan Malam Nominasi FFI di Borobudur, katanya, juga merupakan simbol bahwa dunia perfilman dapat berhubungan dan bekerja sama dengan dunia budaya.

“Selain itu, Borobudur merupakan tujuan wisata prioritas, jadi kenapa tidak,” katanya.

Reza menjelaskan, ada 20 film yang masuk nominasi FFI Nominations Night 2022. Dari 20 film tersebut, FFI membentuk Akademi Citra yang beranggotakan para pemenang Citra dari profesinya masing-masing untuk menentukan nominasi secara kolektif melalui sistem voting.

“Hasilnya akan diumumkan nanti, kita akan tahu nanti dari 20 film yang masuk nominasi berapa,” ujarnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengapresiasi dan bangga telah dipilihnya Kabupaten Magelang, khususnya Borobudur, sebagai tempat penyelenggaraan Malam Nominasi FFI 2022.

“Jelas ini suatu kesenangan dan kehormatan. Ini juga menjadi rumah bagi film-film Indonesia di Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Malam Nominasi FFI di Borobudur akan menjadi pendorong untuk lebih mendekatkan para pelaku seni, khususnya sineas, dengan masyarakat. Selain itu, juga akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

Baca Juga: 100 Pemandu Wisata yang Diberkahi Pengetahuan Komprehensif Candi Borobudur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button