Desa Wisata Desa Sambongrejo Samin meraih Juara 3 dalam Ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Desa Sambongrejo Samin meraih Juara 3 dalam Ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah

Desa Wisata Desa Sambongrejo Samin meraih Juara 3 dalam Ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah.

BLORA, 27.11. (BeritaJateng.Net) – Malam Upacara Penghargaan Desa Wisata Tingkat Jawa Tengah Tahun 2022 digelar pada Sabtu malam (26/11/2022) di Gapura Gajah, Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang.

Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo meraih Juara 3 dalam acara Anugerah Desa Wisata.

Juara 2 Desa Wisata Muncar (Kabupaten Semarang) dan Juara 1 Desa Pekunden Kabupaten Banyumas.

Juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Klaten), Desa Wisata Dawuhan (Kabupaten Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Kabupaten Purworejo).

Pemenang kategori Paket Wisata pergi ke Desa Wisata Kandri (Kota Semarang), kategori Seni Budaya ke Desa Wisata Giyanti (Kabupaten Wonosobo), kategori Sapta Pesona dan CHSE ke Desa Wisata Conto (Kabupaten Wonogiri) dan ke Homestay dan Kategori Toilet Bersih di Desa Wisata Karangrejo (Kabupaten Magelang).

Gelaran Desa Wisata Jateng 2022 sebelumnya telah dikunjungi oleh 27 desa wisata di Jateng.

Dari 27 desa wisata tersebut, terpilih 10 besar desa wisata sebagai pemenang Event Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2022 di Gerbang Gajah, Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang.

Ke-10 desa wisata tersebut diminta untuk mempresentasikan produk terbaiknya dalam sebuah acara pameran.

Selama pameran, para juri akan menentukan pemenangnya.

Ada beberapa kategori yang dipilih panitia mulai dari Paket Wisata, Atraksi Seni Budaya, Sapta Pesona, CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan) hingga Homestay dan Toilet Bersih.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs Kunto Aji menyampaikan rasa syukur, senang dan gembira atas capaian Desa Wisata Samin Sambongrejo.

“Alhamdulillah, kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Desa Wisata Samin Sambongrejo,” kata Direktur Dinporabudpar Blora Drs Kunto Aji.

Ia berharap keberhasilan ini dapat memotivasi desa wisata untuk lebih berkembang lagi.

“Desa wisata yang diperlombakan setiap tahunnya, kami berharap dapat menginspirasi dan memotivasi untuk mengembangkan desa wisata,” ujarnya.

Ia pun berharap festival ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk mendirikan desa wisata sehingga bisa ikut terlibat dalam mendukung perekonomian masyarakat Blora.

“Pengembangan desa wisata sudah menjadi trend sebagai alternatif/strategi pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo Janurman mengatakan, dengan meraih juara 3, Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo berpeluang lebih dikenal masyarakat luas dan menarik lebih banyak wisatawan.

“Tips ke depannya tentu akan menjadi pekerjaan rumah kita sebagai Pokdarwis untuk terus memperbaiki diri dari segala kekurangan, tentunya mohon bimbingan dari pihak-pihak terkait khususnya Dinporabudpar Blora,” kata Janurman. (Dia/El)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button