Majelis Buddha Mahanikaya Indonesia mengadakan meditasi bulan purnama di Borobudur - WisataHits
Yogyakarta

Majelis Buddha Mahanikaya Indonesia mengadakan meditasi bulan purnama di Borobudur

Magelang (ANTARA) – Majelis Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) menggelar meditasi bulan purnama di pelataran Hotel Manohara, Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua MBMI Agus Jaya di Magelang mengatakan, Sabtu, meditasi purnama dilaksanakan pada pukul 18.00-21.00 WIB, diikuti 41 peserta dari berbagai daerah.

“Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) serta MBMI yang khusus diadakan di Candi Borobudur,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya telah menyusun paket untuk 2022 dan juga akan menjadi “meditasi bulan purnama” untuk masa depan.

“Hari ini kami memiliki proses yang diikuti oleh berbagai kelompok dan kami tidak melihat agamanya, tetapi kami menjadikan program ini universal untuk semua agama,” katanya.

Ia berharap ke depan selain diupayakan oleh pihak lokal atau dalam negeri, kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan dari luar negeri sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara, dan kerjasama ini akan tetap terjalin dalam jangka panjang.

“Kali ini belum dibuka ke luar negeri, saat ini masih lokal oleh teman-teman yang suka meditasi, dimulai dengan sidang tadi pagi pukul 05:00-06:00 WIB di pelataran Kenari Candi Borobudur,” katanya.

Ia menyebutkan peserta meditasi ini antara lain dari Jakarta, Yogyakarta dan Tangerang.

Agus menjelaskan meditasi bulan purnama memiliki makna bahwa meditasi bulan purnama adalah untuk ketenangan batin, menerima energi positif untuk kesehatan dan kenyamanan lain yang diinginkan.

“Semua orang bisa mengikuti meditasi ini karena meditasi itu sangat universal,” ujarnya.

Selain meditasi, katanya, kegiatan ini juga menyalakan lilin sebagai simbol pencerahan dan untuk ketenangan jiwa dan perdamaian dunia. ***3***

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button