Mahasiswa teknik elektro di KKL Unika Jawa Timur – Bali – KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa teknik elektro di KKL Unika Jawa Timur – Bali – KRJOGJA

SEMARANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 65 mahasiswa program studi Teknik Elektro dan Ketenagalistrikan Fakultas Teknik Unika Seogijapranata menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Jawa Timur dan Bali dengan didampingi 4 dosen pembimbing.

Tiga perusahaan, masing-masing PT. Fuboru Indonesia, PT. Amarta Indah Otsuka berbasis di kota Sidoarjo dan Pasuruan serta eV Studio Denpasar, Bali. Dalam kunjungannya ke PT. Mahasiswa Fuboru Indonesis mendapatkan informasi dan proses produksi gasket dan suku cadang kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, mesin statis dan pemesanan. Siswa diberi kesempatan untuk langsung melalui tahapan proses produksi dari bahan baku hingga produk.

Manajer Teknis PT. Fuboru Indonesia Hendra mengatakan, kunjungan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan teknis industri percetakan gasket dan suku cadang untuk kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, mesin statis dan berbasis pesanan. Setelah mendapat penjelasan, para siswa yang dibagi menjadi lima kelompok mengunjungi masing-masing unit produksi.

Setelah mengunjungi PT. Peserta KKL Fuboru Indonesia mengunjungi PT. Amerta Indah Otsuka terletak di Pasuruan. Karena perusahaan merupakan perusahaan yang memproduksi minuman dan makanan ringan, maka sebelum memasuki kawasan industri, petugas keamanan akan mengecek kesehatan peserta melalui aplikasi Peduli Protect. Perusahaan ini adalah salah satu dari tujuh anak perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan produk yang unik dan inovatif, meningkatkan kesehatan dan menjalani kehidupan yang lebih baik, dan berkontribusi pada kehidupan orang-orang di seluruh dunia.

Informasi mengenai produk tersebut membuka wawasan peserta KKL kali ini untuk tetap sehat dan menjaga kondisi fisiknya. Mahasiswa diajak jalan-jalan melihat langsung proses produksi minuman dan makanan ringan yang dikembangkan oleh perusahaan ini.
Siswa melihat proses produksi dari bahan mentah hingga produk jadi.

Indah Supraptiningsih, Divisi HRD, saat menyambut peserta KKL, menekankan bahwa lulusan teknik elektro dan teknik tenaga memiliki peluang besar untuk bergabung dengan PT. Amerta Indah Otsuka. Dia menjanjikan karir yang baik dan kesempatan untuk menyelesaikan magang 6 bulan di Jerman untuk belajar tentang penelitian dan pengembangan mesin produksi baru. Peluang ini ditawarkan kepada peserta KKL dengan lolos seleksi dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Para peserta melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata untuk menikmati keindahan alam dan budaya pulau Bali. Pada hari ketiga, para peserta mengunjungi Studio eV. Perusahaan ini bergerak di bidang motor listrik. Para siswa diajarkan pengetahuan tentang perkembangan motor listrik.

Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat yang diperoleh peserta KKL dari Ito Heru selaku general manager perusahaan mengenai produk motor listrik merk Tempur dengan spesifikasi yang dapat berlari dengan kecepatan 60 km/jam dan memiliki torsi yang besar.

Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan informasi tentang cara membandingkan motor listrik tempur dengan motor listrik jenis lain yang memiliki harga lebih murah dan bergaransi seumur hidup. Para peserta berkesempatan melakukan uji coba kendaraan tempur di jalan raya kota Denpasar. Selama setengah hari berikutnya, para peserta mengunjungi beberapa tempat wisata dan toko oleh-oleh di pulau Bali.

Sore harinya diadakan workshop dengan narasumber dari Marketing Manager PT. Saya U Mina Utama yang bergerak di bidang penyediaan Fresh Seafood. Makanan laut segar diekspor oleh perusahaan ini ke berbagai belahan dunia, yaitu pasar Amerika dan Asia.

Kartika Kumalasari yang saat ini berkesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman merupakan salah satu alumni Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata yang lulus pada tahun 200. Pekerjaan dan karirnya di dunia ekspor dan impor di bidang perikanan memperluas wawasan peserta KKL untuk sukses dalam hidup, meskipun disiplin ilmu yang ditekuninya selama studi belum sesuai dengan pekerjaan saat ini.

Pada sesi tanya jawab, magang dan magang terbuka dan dimungkinkan bagi mahasiswa teknik elektro dan teknologi energi.

Sementara itu Profesor Slamet Riyadi selaku Dekan Fakultas Teknik yang memimpin workshop membahas secara detail semua pertanyaan peserta dan dijawab dengan cerdas dan memuaskan oleh Kartika.

Ivan Tanujaya selaku ketua Panitia KKL bersyukur atas keberhasilan penyelenggaraan KKL. Hal ini dibuktikan dengan dukungan dan apresiasi dari para peserta KKL, acara KKL akan diakhiri dengan perjalanan hari keempat ke Danau Bedugul. (Sgi)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button