10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai - WisataHits
Yogyakarta

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta. Kabupaten ini terkenal dengan destinasi wisata berupa pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing-tebing karang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Saking indahnya, pantai-pantai di Gunungkidul sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah.

Padahal, Gunungkidul tidak hanya menjaga keindahan pantainya saja, tetapi juga berbagai wisata yang menghadirkan keunikannya masing-masing. Namun, wisata di Gunungkidul tidak melulu soal pantai, lho.

Selain pantai, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Pesona alamnya akan memukau Anda!

1. Danau Jonge

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Jonge Lihat ilustrasi (instagram.com/sriutami.er)

Saat Anda mengunjungi Danau Jonge, Anda akan disambut oleh suasana dan pemandangan yang indah. Ada sebuah danau dengan air kehijauan yang dikelilingi oleh deretan pohon yang rindang.

Selama liburan di danau ini Anda tidak hanya bisa duduk santai menikmati keindahan Danau Jonge tetapi juga menikmati beberapa aktivitas seru seperti memancing dan berperahu di sekitar danau. Anda tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar tiket parkir sebesar Rp 5.000.

Dengan air yang tidak pernah kering, Telaga Jonge merupakan salah satu wisata di Gunungkidul yang sarat akan legenda dan sejarah. Konon dahulu Telaga Jonge merupakan tempat pelarian seorang punggawa Kerajaan Majapahit bernama Ki Sidik yang menyamar sebagai Kiai Jonge. Dihormati oleh penduduk setempat, Kiai Jonge menjalani sisa hidupnya di situs ini dan dimakamkan di tengah Danau Jonge.

Lokasi: Telaga Jonge, Jelok, Ayahejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

2. Pawon Tua

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai ilustrasi burung merak tua (instagram.com/pawonpurba)

Pawon Purba merupakan salah satu wisata yang tepat bagi Anda yang tertarik berburu kuliner. Berkunjung ke Pawon Purba memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan persawahan yang hijau dan gunung api purba sambil ditemani berbagai hidangan tradisional khas Gunungkidul.

Lokasinya yang berada di antara persawahan memungkinkan Anda untuk menjelajahi tempat-tempat sekitarnya bahkan jika Anda hanya ingin mengambil foto dan mengabadikan momen. Dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 20.000, Anda sudah bisa menikmati beragam kuliner tradisional yang nikmat.

Pawon Purba tidak hanya menawarkan beragam kuliner, tetapi juga pilihan akomodasi berupa: keluarga angkat bagi anda yang ingin menginap disini. Mengusung konsep layaknya rumah tradisional Jawa, suasana semakin nyaman.

Lokasi: Nglanggeran Kulon, Desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

3. Air Terjun Sri Gethuk

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Air Terjun Sri Gethuk (instagram.com/kintanprestania)

Selain pantai, Gunungkidul juga memiliki wisata air terjun yang cukup terkenal yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk tidak hanya pancuran air terjun dari tebing, tetapi ada juga kolam air terjun yang menghubungkan langsung ke sungai.

Di musim panas airnya jernih dan jernih dengan warna kehijauan yang berasal dari tiga mata air. Tak salah jika Air Terjun Sri Gethuk terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, di sekelilingnya terdapat tebing kapur dan pepohonan rindang, cocok untuk bersantai.

Dengan biaya masuk yang hanya Rp 15.000 per orang, Anda sudah bisa berenang di arus air terjun yang jernih dan sejuk ini. Jika Anda tertarik untuk berenang di sekitar Air Terjun Sri Gethuk, sebaiknya Anda mengenakan jaket pelampung terlebih dahulu.

Lokasi: Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

4. Bukit Pengilon

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Bukit Pengilon (instagram.com/herdiansyah002)

Menikmati keindahan panorama pantai di Gunungkidul bisa dilakukan tidak hanya dengan mengunjungi pantai secara langsung, tetapi juga dengan mengunjungi perbukitan di sekitarnya. Salah satunya melalui Bukit Pengilon. Uniknya, bukit ini sekilas terlihat seperti Bukit Teletubbies di Nusa Penida.

Ditumbuhi hamparan rumput hijau yang luas, Bukit Pengilon sangat cocok untuk Anda nikmati keindahan beberapa pantai di Gunungkidul, seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Tak hanya pantai, dari bukit ini juga kamu bisa menikmati hembusan angin ditemani keindahan matahari terbenam saat sore hari.

Musim panas dan sebelum musim hujan adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Pengilon. Area yang hijau dan sejuk seringkali membuat Bukit Pengilon menjadi spot populer berkemah untuk wisatawan.

Lokasi: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

5. Embung Nglangeran

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi kolam nlangangeran (instagram.com/tika_muth)

Gunungkidul tidak hanya terkenal dengan pantainya, tetapi juga trek gunung dan kolam atau kolam buatannya. Awalnya Embung Nglanggeran tidak dibangun sebagai tujuan wisata, namun karena keindahannya, akhirnya dibuka untuk tujuan wisata sejak tahun 2013.

Pada hari libur, waduk ini ramai dikunjungi wisatawan baik yang sekedar bersantai dan menikmati pemandangan sekitar Waduk Nglanggeran maupun berkemah. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat suasana di waduk menjadi sangat sejuk.

Lokasi waduk ini persis di seberang Gunung Api Purba Nglanggeran yang ditumbuhi pepohonan rindang. Buka 24 jam, di Embung Nglanggeran ini mengajak anda untuk berlama-lama atau berkemah sambil menonton matahari terbenam sore dan Bima Sakti Di malam hari.

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Pantai Gesing, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

6. Bukit paralayang Watugupit

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Bukit Paralayang Watugupit (instagram.com/gayatridinda)

Seperti namanya, Bukit Paralayang Watugupit pada awalnya merupakan bukit yang diperuntukkan bagi para pecinta paralayang. Namun belakangan, Bukit Paralayang Watugupit semakin diakui sebagai salah satu wisata terbaik untuk ditonton matahari terbenam.

Letaknya yang tidak jauh dari bibir Pantai Parangtritis selalu membuat bukit ini menjadi spot populer bagi para wisatawan. Garis pantai yang melintang disertai dengan hamparan laut yang luas dan pepohonan rindang di kanan kiri menambah nuansa eksotis.

Selain itu, akses dan fasilitas kini sudah tersedia, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi Bukit Paralayang Watugupit. Beberapa di antaranya, seperti tempat parkir, mushola, toilet, warung dengan aneka jajanan.

Lokasi: Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

7. Bukit Bintang

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Bukit Bintang (instagram.com/safrlaliyatno)

Dulunya bernama Bukit Hargodumilah, sekarang bukit ini lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang. Dari sini Anda tidak hanya bisa melihat bintang di langit, tetapi juga melihat kota Yogyakarta dari jarak 150 meter.

Pada malam hari Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota Yogyakarta yang diselimuti kerlap-kerlip lampu dan bintang di langit. Suasana ini membuat suasana malam di tempat wisata ini semakin romantis dan menenangkan. Sedangkan di pagi hari, Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau yang diselimuti embun.

Udaranya yang sejuk dan dingin menjadikan Bukit Bintang bukan hanya tempat yang bagus untuk berfoto, tetapi juga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman dan pasangan. Dengan tiket masuk gratis, Anda akan menemukan restoran dan resor yang menyajikan berbagai masakan.

Lokasi: Jalan Wonosari KM 15-17, Kecamatan Patuk, Prefektur Gunungkidul, Yogyakarta

8. Batu Paris

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi oleh Watu Paris (instagram.com/watuparis)

Menikmati sunset di Pantai Parangtritis pada sore hari paling enak jika ditemani dengan pilihan makanan dan minuman di Watu Paris. Di Watu Paris kamu akan menemukan banyak spot foto menarik Instagramable.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, Watu Paris juga menawarkan beberapa wahana permainan anak. Lokasinya yang terletak lebih dari 500 meter dari Bukit Paralayang, memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan di sekitarnya dengan jelas.

Dengan biaya masuk Rp 10.000 per orang, tiket dapat ditukarkan dengan minuman yang tersedia di Watu Paris. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap yaitu tempat parkir mobil yang luas, taman bermain anak, mushola, restoran, toilet, ruang konferensidan berbagai area untuk bersantai dan berfoto.

Lokasi: Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

9. Embung Batara Sriten

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Bendungan Batara-Sriten (instagram.com/ekoandriyanto32)

Terletak di perbukitan Baturagung Utara, Embung Batara Sriten adalah kolam atau kolam buatan tertinggi di Gunungkidul. Dengan ketinggian 950 meter di atas permukaan laut, bendungan ini memiliki suasana yang sejuk dan tenang.

Untuk mencapai Embung Batara Sriten, Anda perlu berkendara sekitar 4 jam jika memulai perjalanan dari kabupaten Wonosari. Setibanya, Anda juga harus mendaki tanjakan yang cukup curam.

Meski melalui perjalanan yang melelahkan, semua usaha yang Anda lakukan akan terbayar dengan keindahan dan suasana yang menyenangkan. Tidak hanya bisa bersantai sambil menikmati suasana sekitar, tapi juga berkemah dengan teman-teman.

Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

10. HeHa pemandangan langit

10 Wisata Gunungkidul Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai Ilustrasi Pemandangan Langit Heha (instagram.com/hehaskyview)

Siapa yang tidak tahu HeHa Sky View? Sejak awal kemunculannya, HeHa Sky View langsung berhasil menarik perhatian wisatawan. Bukan tanpa alasan pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana dalam satu destinasi wisata.

Salah satu hal yang paling menarik dari HeHa Sky View adalah Anda dapat dengan mudah menemukan banyak spot foto yang bagus SayaInstagramable dan estetika. Jika HeHa Ocean View menawarkan pemandangan pantai dan laut di Gunungkidul, pengunjung dapat menikmati pemandangan langit Kota Yogyakarta di HeHa Sky View.

Di sini kamu bisa melakukan beberapa sesi foto di lokasi yang tersedia seperti Sky Glass, Wall Climbing, Sky Balloon, HeHa Airplane, Reflection Pool dan Selfie Garden dengan biaya masing-masing sekitar Rp 20.000-30.000.000 per orang. Ada juga tempat parkir, toilet, restoran dan warung yang menawarkan berbagai makanan.

Lokasi: Jalan Dlingo Nomor 2, Kecamatan Patuk, Kegubernuran Gunungkidul, Yogyakarta

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Gunungkidul, destinasi wisata selain pantai ini bisa menjadi rekomendasi. Tempat wisata ini cocok tidak hanya sebagai tempat berlibur, tetapi juga untuk relaksasi.

Baca Juga: 8 Tempat Belanja Souvenir di Gunungkidul, Ada Thiwul Yu Tum

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button