Taman untuk orang tua, tempat rekreasi favorit untuk liburan keluarga di Bandung - WisataHits
wisatahits

Taman untuk orang tua, tempat rekreasi favorit untuk liburan keluarga di Bandung

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Taman Lansia merupakan salah satu alternatif tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi pengunjung di Bandung. Banyak hal yang menarik perhatian di sini, mulai dari konsep wisata dan tata letaknya yang rapi. Selain itu, tersedia berbagai aktivitas yang cocok, mulai dari relaksasi hingga keseruan dan keceriaan, baik untuk anak-anak maupun remaja.

Bandung dikenal sebagai kabupaten dengan daya kreatif yang kuat. Segala sesuatu yang ada dapat diubah menjadi sesuatu yang menarik. Tempat wisata yang kita bicarakan sebenarnya bukan murni objek wisata, melainkan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah. Taman hiburan adalah nama paling terkenal dari beberapa penghuninya.

Dari namanya, Anda pasti mengira bahwa taman ini memang didesain khusus untuk manula atau orang lanjut usia. Tidak juga, nama Lansia sendiri disematkan karena tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan ada pohon berumur puluhan tahun, tinggi, dan rimbun yang menutupi beberapa titik lokasi.

Atraksi taman untuk orang tua

Atraksi Taman SeniorKredit gambar: Google Maps Widianto Zhu

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik, begitu juga dengan taman untuk para lansia. Atraksi ini menjadi alasan utama wisatawan datang berkunjung. Dibuat pada tahun 1885, taman ini awalnya hanya sebuah lapangan. Seiring berjalannya waktu, renovasi terus dilakukan untuk memberikan tampilan tersendiri.

1. Danau di tengah taman orang tua

Tidak seperti taman lain yang hanya satu area besar yang dipenuhi pepohonan. Taman hiburan di Bandung ini memiliki danau buatan tepat di tengahnya. Bukan hanya satu, tapi ada dua danau yang memiliki luas yang berbeda. Meski ukurannya berbeda, namun dari segi bentuk tetap sama dan tampil impresif.

Danau pertama Taman Lansia berukuran kecil dan memiliki luas sekitar 700 meter persegi. Di tengahnya terdapat bangunan melingkar sebagai hiasan. Mengingat kedalamannya yang mencapai 3 meter, pengunjung disarankan untuk tidak bermain air atau bahkan terlalu dekat dengan danau.

Sedangkan yang kedua lebih luas, hampir dua kali lebih besar dari danau pertama, yaitu 1.300 meter persegi. Dengan konsep serupa, danau kedua ini memiliki kedalaman 4 meter. Untuk memudahkan perjalanan pengunjung dari satu danau ke danau lainnya, jembatan beton berfungsi sebagai penghubung. Tak sedikit wisatawan yang berpose di jembatan tersebut.

Di balik keindahan dan ketenangannya, danau ini sebenarnya memiliki sejarah mistis yang diyakini sebagian besar orang di sekitarnya. Konon danau ini ditunggu oleh angsa putih besar dengan moncong hitam. Jelas bukan angsa asli, penduduk setempat mengenalnya sebagai Neng Siti dan biasanya muncul di malam hari.

2. Suasana asri dan nyaman

Daya tarik Taman Lansia selanjutnya adalah suasananya yang asri dan nyaman. Memang setiap sudut lokasi dipenuhi tanaman rindang seperti payung alam. Karena taman berusia ratusan tahun, ada beberapa tanaman yang sangat tua. Ukuran batangnya sangat besar dan daunnya tebal untuk mencegah polusi yang masuk.

Tanaman ini mengelilingi hampir setiap taman, hanya beberapa yang tidak karena digunakan sebagai jalan masuk. Tidak hanya di luar, di dalamnya juga banyak tanaman cantik yang menghiasi. Suasana semakin asri karena tata letaknya yang nyaman, tidak masalah untuk berlama-lama.

3. Sebagai objek wisata alternatif

Atraksi di taman untuk orang tuaKredit gambar: Google Maps, saya membuat Serinteg

The Elder’s Park dijadikan sebagai tempat wisata alternatif oleh sebagian besar warga di sekitarnya. Bagi Anda yang pendatang, tidak masalah karena tempat ini buka setiap hari. Jika tempat wisata alam dan wahana tidak memungkinkan untuk dikunjungi, taman ini bisa dijadikan solusi untuk menginap di liburan akhir pekan.

Anda bisa bersantai dan duduk di bangku permanen di bawah pohon yang rindang. Sambil menghirup udara segar, relaksasi tubuh juga tercapai. Banyak pengunjung yang datang dengan anggota keluarga ditemukan di sini. Sambil membawa anak-anak, mereka menggelar tikar dan bersantai sambil mencicipi makanan yang dibawa dari rumah.

4. Pasar kejut

Pasar Shock dijadikan istilah karena banyak yang kaget dengan kehadirannya. Jenis pasar ini banyak dijumpai di berbagai tempat termasuk Taman Lansia. Disebut shock market karena harganya tiba-tiba turun drastis dan mengejutkan semua orang.

Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan bahkan bisa setengah dari harga normal. Beragam barang ditawarkan kepada Anda, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kebanyakan dari mereka adalah barang-barang rumah tangga, fashion dan aksesoris. Tidak hanya itu, berbagai macam makanan lezat juga dijual di sini, cocok untuk wisata kuliner.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat taman untuk orang tuaKredit gambar: Google Maps Widianto Zhu

Sebagai theme park, Taman Lansia memiliki lokasi yang strategis. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, karena pada umumnya taman ini terletak di tengah kota. Selain digunakan untuk hiburan, tempat ini juga menjadi paru-paru kota. Jarak dari Alun-Alun Bandung hanya sekitar 4 kilometer, dibutuhkan waktu 15 menit untuk mencapainya.

Alamatnya tepatnya di Jalan Cisangkuy, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika saat ini Anda berada di Alun-Alun Bandung, pergilah ke Jalan Otto Iskandar Dinata terlebih dahulu, lalu Jalan Suniaraja. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Braga lalu ke Jalan Merdeka.

Sekitar 1 kilometer Anda akan sampai di Jalan Sultan Agung, silakan menuju ke timur laut sampai Anda tiba di Jalan Diponegoro. Jika Anda menemukan bangunan Museum Geologi Bandung, berarti objek wisata tujuan sudah dekat. Tepat di depan gedung adalah lokasi taman untuk orang tua.

Bagi mereka yang datang dari arah lain, silakan gunakan landmark museum yang disebutkan di atas. Untuk memudahkan perjalanan Anda, disarankan untuk menggunakan aplikasi GPS. Semua orang di Bandung tahu lokasi tempat wisata alternatif ini, jadi pastikan untuk bertanya. Juga, ada banyak papan petunjuk ketika mendekati lokasi.

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi taman ini, atau kantor tiket tempat Anda dapat membeli tiket. Biaya yang harus dibayar hanya untuk parkir kendaraan, tentunya tidak mahal karena sesuai dengan harga standar biaya. Silakan datang kapan saja, karena taman sebagai alternatif liburan buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di taman untuk orang tua

Taman aktivitas yang menarik untuk orang tuaKredit gambar: Google Maps, saya membuat Serinteg

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Lansia, yang semuanya menarik. Anak-anak bisa bermain di taman bermain, ada berbagai jenis permainan yang disediakan. Selama waktu ini, orang tua atau remaja dapat bersantai atau mencari spot foto. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat poin aktivitas berikut!

1. Olahraga pagi

Jika Anda berkunjung di pagi hari, aktivitas yang tepat untuk dilakukan adalah berolahraga. Kegiatan ini menyehatkan tentunya lho. Juga, tempat itu sendiri memiliki suasana yang menyenangkan dan kualitas oksigen yang baik. Selain di pagi hari, Anda juga bisa berolahraga di sore hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama.

2. Jalan-jalan di taman

Remaja yang datang ke Taman Lansia biasanya memilih jalan-jalan. Sambil menikmati udara segar, mereka bercanda dengan teman atau pasangan. Meski bukan objek wisata alam, namun dari segi bentang alamnya tidak kalah. Pepohonan yang mengelilingi tempat itu menyegarkan mata, sedangkan danau di tengahnya membuat pikiran lebih tenang.

3. Piknik di Elder’s Park

Kegiatan menarik di taman seniorKredit gambar: Google Maps catherine natalia

Pengunjung yang datang bersama rombongan keluarga bisa memilih kegiatan piknik. Ada tempat khusus untuk kegiatan ini, meski tidak resmi dari pengelola. Wisatawan lebih memilih area di bawah pohon rindang karena lebih rindang. Hanya dengan menggelar tikar, suasana piknik dijamin akan semakin seru jika diakhiri dengan makanan lezat.

4. Berkuda

Taman Lansia tidak hanya menawarkan kegiatan gratis seperti yang disebutkan di atas. Ada kegiatan menarik lainnya, tetapi kali ini Anda harus membayar. Kegiatan yang dimaksud adalah berkuda, sangat digemari oleh anak-anak. Hanya satu anak yang bisa menunggangi kuda ini, jadi Anda bisa naik kereta jika naik dengan rombongan.

5. Berburu spot foto

Tidak lengkap rasanya, tentunya jika berlibur ke tempat wisata belum mengabadikan momen tersebut. Meski hanya theme park, banyak spot foto cantik yang disediakan. Sebut saja Danau Kembar yang sudah dibahas sebelumnya, cocok untuk menghiasi background foto Anda dan pamer di media sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman SeniorKredit gambar: Google Maps Pandi Haryono

Fasilitas taman senior cukup lengkap, meski tidak dipungut biaya untuk masuk. Di sini Anda dapat menggunakan fasilitas umum seperti toilet, Anda hanya perlu menyediakan 2000 rupee. Fasilitas lainnya adalah tempat parkir, harga untuk koleksinya sama dengan toilet.

Wisatawan dipersilakan menggunakan fasilitas umum berupa bangku taman, ada juga yang dilengkapi meja. Fasilitas untuk anak-anak juga tersedia, apalagi jika bukan arena bermain atau playground. Meski jumlahnya sedikit, ada juga fasilitas berupa spot foto gratis bagi yang suka fotografi.

Bersenang-senang mengunjungi tempat wisata tidak harus mahal. Taman Lansia Bandung adalah salah satu contoh wisata murah yang dijadikan alternatif. Meski gratis, namun dari segi daya tariknya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Selain itu, berbagai kegiatan dapat dilakukan dan fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button