Longsor di Sukamade Banyuwangi Meningkat | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Longsor di Sukamade Banyuwangi Meningkat | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Malang Posco Media – Tanah longsor kembali terjadi dalam perjalanan menuju kota wisata Sukamade di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kali ini terjadi longsor di tebing setinggi 6 km dan 7 km. Tanahnya bercampur lumpur dan ada beberapa pohon tumbang di area tersebut.
Jumat lalu (14 Oktober) terjadi longsor di kilometer 8. Lima pohon raksasa tumbang dan tanah berlumpur menutupi akses jalan. Akibatnya, 300 keluarga diisolasi.

Seperti dilansir Fery Nafaro, Kepala Dusun Sukamade, dari detikJatim, Sabtu (15/10), akses jalan menuju destinasi wisata Sukamade lumpuh total. Hal ini sejalan dengan terjadinya longsor di wilayah tersebut. Terakhir kali terjadi dua kali longsor pada Sabtu (15 Oktober).

“Terakhir ada dua titik lagi di km 6 dan 7. Tanah longsor menutup jalan,” katanya.

Longsor di kilometer 6 dan 7, kata Fery, tidak sebesar yang terjadi di kilometer 8. Longsor Sabtu pagi hanya menutupi sebagian badan jalan. Namun, beberapa pohon tumbang dalam perjalanan menuju destinasi wisata Sukamade.

“Kondisinya tidak terlalu serius. Tapi yang terparah ada di kilometer 8 ya. Tanah longsor memblokir jalan,” tambahnya.

Saat ini pihaknya sedang melakukan pembersihan dengan alat seadanya bersama relawan, pihak perkebunan Sukamade dan warga sekitar. Mereka memotong kayu dari 5 pohon besar yang tumbang dan menghalangi jalan.

Tak hanya itu, mereka juga membersihkan lumpur dan material tanah yang terkikis oleh hujan deras beberapa waktu lalu.

Mereka mengaku membutuhkan alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut. Namun, akses ke lokasi longsor juga tidak memungkinkan alat berat tiba di lokasi.

“Kami membutuhkan alat berat. Jika tidak, dipastikan material slide akan sulit dibersihkan. Namun kondisi jalan menuju titik longsor menyulitkan alat berat untuk melintas,” pungkasnya.

(hil/matahari/dtc/mg8/lin)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button