Pantai Sambolo Anyer, perpaduan indah antara laut biru dan pasir cokelat pantai di Serang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sambolo Anyer, perpaduan indah antara laut biru dan pasir cokelat pantai di Serang

Pantai Sambolo Anyer, perpaduan indah antara laut biru dan pasir cokelat pantai di Serang

Pantai Sambolo Anyer menyuguhkan panorama alam yang eksotik berupa hamparan pasir keemasan yang menyatu dengan birunya langit dan air laut.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Anyer Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang, Banten; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Sambolo Anyer merupakan destinasi wisata yang menjadi primadona bagi masyarakat Banten dan sekitarnya. Bahkan, pada akhir pekan dan hari libur, masyarakat ibu kota dan kota besar lainnya di Jawa Barat akan berbondong-bondong datang. Tujuannya tidak lain adalah untuk menikmati keindahan hamparan pasir coklat berpadu dengan birunya laut yang indah.

Hal ini sebenarnya sudah sangat lumrah mengingat pantai ini memang sangat menawan. Selain menyuguhkan panorama alam yang dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, Pantai Sambolo selalu menjadi andalan liburan murah meriah.

Akses jalan menuju tempat wisata yang mudah dijangkau juga menjadi salah satu kekuatannya. Dengan demikian, wisatawan yang melakukan kunjungan pertama dipastikan tidak akan tersesat. Hanya saja jika ingin mencari ketenangan sebaiknya hindari berkunjung pada akhir pekan karena biasanya pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Sambolo Anyer

Objek Wisata Pantai SamboloFoto: Google Maps/S Adhii

Keindahan pantainya tak kalah fenomenal dengan pantai-pantai pulau dewata. Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk berlibur ke Bali, Anda bisa mengunjungi Pantai Sambolo karena pesona yang ditawarkannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang daya tarik pantai utama di Kabupaten Serang ini, sebaiknya wisatawan mengetahui bahwa pantai ini terbagi menjadi 2 bagian. Maka dari itu ada Pantai Sambolo 1 dan Pantai Sambolo 2. Dengan begitu, pengunjung bisa memiliki lebih banyak pilihan saat berkunjung.

✦ Panorama pasir coklat dan laut biru yang indah

Hamparan pasir berwarna coklat muda yang terbentang luas di sepanjang pantai nampak serasi dengan pemandangan laut biru kehijauan yang jernih di belakangnya. Apalagi saat lautan menghempaskan ombak berisi buih ke daratan, dijamin mampu menghadirkan nuansa menakjubkan yang mampu memukau mata.

✦ Jembatan kayu di laut

Meski letak pantai Sambolo 1 dan 2 bersebelahan, namun panorama yang disajikan oleh kedua kawasan wisata alam ini sangat berbeda. Di Sambolo 1, wisatawan bisa menemukan jembatan kayu yang menjorok ke laut. Di ujung jembatan terdapat gazebo yang berfungsi sebagai gardu pandang dan sering digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan laut lepas pantai.

Selain itu tekstur bibir Pantai Sambolo 1 juga lebih cenderung, namun tetap aman untuk membawa anak-anak bermain air di pantai. Saat berkunjung berlibur, pengunjung pasti melihat banyak anak kecil melakukan berbagai aktivitas seru dan tertawa riang di tepi pantai.

✦ Keberadaan Coral Hills di tepi pantai

Di Pantai Sambolo 2, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah yang pastinya bisa membuat pengunjung betah. Selain memiliki garis pantai yang lebih luas, wisatawan bisa leluasa memilih tempat yang paling nyaman sesuai keinginan. Di kawasan Sambolo 2 juga terdapat bukit karang yang ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang.

✦ Matahari terbenam sempurna di ujung barat Pulau Jawa

Lokasi pantai ini memang menjadi incaran para penikmat aktivitas fotografi yang suka mengejar fenomena sunset. Apalagi mengingat letaknya di ujung barat Pulau Jawa. Selain sunset yang mampu memukau mata, saat cuaca sedang cerah, wisatawan juga bisa melihat gagahnya Anak Krakatau berdiri di kejauhan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SamboloFoto: Google Maps/Natasha A.

Pantai Sambolo Anyer terletak di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang-Banten. Lokasinya berjarak sekitar 42,7 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam melalui Jl.Nasional III dan Jl.Raya Pantura, tepatnya jika wisatawan datang dari pusat kota Serang. Sedangkan bagi yang datang dari ibu kota harus menempuh jarak 124 km atau 2 jam 23 menit.

Karena masih berada di kawasan wisata populer Pantai Anyer, wisatawan tidak akan kesulitan menemukan Pantai Sambolo Anyer. Plus, hanya berjarak sekitar 30 menit dari pintu keluar tol Cilegon Barat. Akses dan kondisi jalan juga bagus karena sudah diaspal, sehingga aman dan nyaman untuk dilalui kendaraan roda dua atau empat.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama Pantai Sambolo harus membayar biaya. Namun, nominalnya masih tergolong rendah, sehingga dijamin tidak akan membuat portofolio Anda kempes. Berikut informasi lengkap harga tiket masuk dan biaya parkir:

  • Biaya remunerasi: Rp 10.000/orang.
  • Biaya parkir kendaraan roda 2: Rp 20.000/motor.
  • Tarif parkir roda 4 : Rp 75.000/mobil.
  • Harga parkir ELF: Rp 250.000/mobil.
  • Tarif parkir bus kecil: Rp 600.000/bus.
  • Tarif parkir bus besar: Rp 1.000.000/bus.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas seru di Pantai SamboloFoto: Google Maps/Herlyanto Ari Munandar

Segudang atraksi yang dimiliki Pantai Sambolo Anyer membuat wisatawan memiliki lebih banyak pilihan aktivitas seru untuk dilakukan. Dengan demikian, sesampainya di suatu destinasi wisata, pengunjung dapat melakukan aktivitas lain selain menikmati keindahan panorama alam. Dengan begini, momen liburan bisa terasa lebih berkesan.

Berikut beberapa referensi aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Sambolo:

1. Bermain air dan berenang

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat berkunjung ke pantai adalah berenang atau sekedar bermain air. Sama halnya saat Anda berlibur ke Pantai Sambolo Anyer. Setelah perjalanan yang melelahkan, Anda bisa membasuh diri dengan air laut yang jernih untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai ini juga cocok dijadikan pilihan tempat berendam.

2. Snorkeling di Pantai Sambolo Anyer

Bagi yang memiliki hobi snorkeling, pantai ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk menyalurkan hobi tersebut. Keindahan terumbu karang serta flora dan fauna bawah laut Sambolo sangat beragam sehingga dijamin memanjakan mata. Di sekitar kunjungan terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling. Jadi tidak perlu membawa dari rumah.

3. Mencoba berbagai permainan

Ada berbagai pilihan wahana yang bisa disewa dengan harga murah di kawasan Pantai Sambolo Anyer. Mulai dari olahraga air seperti banana boat dan jetsky yang bisa dibawa untuk menjelajahi kawasan bahari, hingga sepeda motor ATV yang bisa digunakan untuk menjelajahi seluruh dataran pantai.

4. Paralayang

Apakah Anda menyukai petualangan dan aktivitas yang memacu adrenalin Anda? Jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan aktivitas parasailing saat berkunjung ke Pantai Anyer. Rasakan pengalaman terbang dengan parasut di ketinggian puluhan meter di atas tanah dan saksikan keindahan pantai dan lautan dari sudut pandang yang berbeda.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai SamboloFoto: Google Maps/Muhammad Mahmoud

Pemerintah daerah dan masyarakat setempat telah mengelola Pantai Sambolo Anyer dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari lengkapnya fasilitas umum yang disediakan. Hal ini dilakukan guna mengedepankan kenyamanan wisatawan yang datang untuk menghabiskan waktu di tempat wisata bahari dengan pemandangan eksotis ini.

Di bawah ini adalah daftar fasilitas umum yang dapat digunakan oleh semua pengunjung:

  • Area parkir yang luas.
  • Tempat beribadah.
  • Saung lesehan.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Tempat makan.
  • Fasilitas permainan.
  • Pusat oleh oleh.

Lelah dan bosan dengan aktivitas yang sama? Segera rencanakan kunjungan ke Pantai Sambolo Anyer untuk akhir pekan atau liburan mendatang. Pantai pasir coklat eksotis ini dijamin akan menangkap pikiran wisatawan yang terbang ke Bali. Pasalnya, keindahan Pantai Banten tak jauh berbeda dengan Pulau Dewata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button