Longsor Bukit Bintang dikhawatirkan akan berdampak pada wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Longsor Bukit Bintang dikhawatirkan akan berdampak pada wisatawan

Gunungkidul, IDN Times – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul khawatir dampak ambruknya jalan di kawasan Bukit Bintang dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Bumi Handayani.

1. Wisatawan diminta lebih bersabar saat berkendara melalui Jalan Jogja-Wonosari

Longsor di Bukit Bintang dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah wisatawan    Sedekah di Pantai Baron (Doc Kominfo Gunungkidul)

Kepala Biro Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Muhammad Arif Aldian meminta wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul untuk lebih bersabar.
Longsor di badan jalan menyebabkan arus lalu lintas melalui Jalan Jogja-Wonosari mengantre akibat penerapan sistem buka-tutup untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang.

“Kondisi ini tentu membuat kami khawatir kunjungan wisatawan ke Gunungkidul akan terpengaruh (menurun). Selain itu, belum diketahui kapan perbaikan jalan utama Jogja-Wonosari akan dimulai,” katanya, Kamis (3/1.2022). ).

2. Gunakan rute alternatif untuk sampai ke objek wisata

Longsor di Bukit Bintang dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah wisatawan    Taman Bunga Amaryllis di Gunungkidul Bermekaran Lagi (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut dia, jalan rusak ini menjadi jalur utama bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul baik dengan bus maupun mobil pribadi. “Pada akhir pekan, wisatawan paling banyak mengunjungi Jalan Jogja-Wonosari,” katanya

Pihaknya mengimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul untuk menggunakan jalur alternatif yang telah disiapkan pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

“Silahkan gunakan jalur alternatif untuk menuju destinasi wisata yang disiapkan oleh pihak terkait,” ujarnya.

Baca Juga: Separuh Jalan di Bukit Bintang, Bantul Runtuh Akibat Longsor

Baca Juga: 5 Wisata Embung di Gunungkidul Yang Menyegarkan Mata

3. Ini adalah jalur alternatif yang bisa dilalui wisatawan

Longsor di Bukit Bintang dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah wisatawan    Rekayasa Lalu Lintas Bukit Bintang (Dok. Polres Bantul)

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Antonius Purwanta, mengatakan pihaknya telah menyiapkan jalur alternatif bagi pengendara untuk menuju Gunungkidul, termasuk kendaraan dengan muatan lebih dari 30 ton melalui jalur Sambeng-Cawas di Klaten. Kendaraan pribadi roda dua atau empat melalui jalur Getas (Playen)-Dlingo dan jalur Panggang-Siluk melewati Imogiri Bantul.

“Untuk bus wisata dan truk dengan muatan di atas 30 ton, disarankan melalui jalur Jogja-Wonosari. Saat ini jalan tersebut masih digunakan untuk membuka dan menutup jalan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk Penyembuhan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button