Jalur pantai selatan disiapkan untuk alternatif Pantura - WisataHits
Yogyakarta

Jalur pantai selatan disiapkan untuk alternatif Pantura

Jalur pantai selatan disiapkan untuk alternatif Pantura

Bisnis.comJAKARTA – Pemerintah menyiapkan jalur sepanjang pantai selatan (Pansela) untuk memecah kepadatan jalur mudik pada saat Lebaran di jalur pantai utara (Pantura).

Dewi Aryani Suzana, Direktur Operasional Jasa Raharja, merinci kajian kesiapan infrastruktur dan fasilitas penunjang, dimulai dengan rute yang melewati Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan diakhiri dengan DIY.

Penertiban jalur mudik dilakukan di beberapa titik kunci jalur tersebut, antara lain Tol Merak-Serang Panimbang-Tanjung Lesung, Pelabuhan Ratu, Jembatan Cibuni Jabar, Kalipucang di perbatasan Cilacap, Jembatan Wawar di perbatasan dengan Kulonprogo dan terakhir Yogyakarta .

Pengecekan ini juga sebagai bentuk sosialisasi jalur alternatif yang bisa digunakan masyarakat dalam perjalanan pulang nanti. “Selain menghindari kemacetan di jalur tol dan pantura, masyarakat yang lewat jalur selatan juga bisa mampir ke tempat wisata karena pemandangannya luar biasa,” ujarnya, Kamis (26/1/2023).

Berbagai persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari, Dewi berharap pengamanan peningkatan mobilitas masyarakat dapat diantisipasi dengan baik menjelang Lebaran.

“Seperti yang sudah kita lakukan dengan Dinas Perhubungan dan Korlantas Polri beberapa hari ini. Ini sebagai persiapan Operasi Ketupat 2023 sebagai agenda rutin kami untuk memastikan momen mudik aman, nyaman dan selamat,” jelasnya.

Ia juga berharap agar semua kecelakaan lalu lintas dapat ditekan semaksimal mungkin.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button