Lima Wisata di Purworejo yang Tak Kalah Mempesona dari Jogja - WisataHits
Jawa Tengah

Lima Wisata di Purworejo yang Tak Kalah Mempesona dari Jogja

Lima Wisata di Purworejo yang Tak Kalah Mempesona dari Jogja

Kabupaten Purworejo merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo. Banyak menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Selasa 13 September 2022 | 10:13 WIB – Langkah
Penulis: – . Editor: Hanni

Kabupaten Purworejo mungkin tidak sepopuler Solo dan Jogja, tapi beberapa tempat wisata alamnya memang penuh pesona. Kabupaten Purworejo merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo. Banyak menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Jaraknya hanya satu jam dari Yogyakarta.

BERITA TERKAIT:
Lima Wisata di Purworejo yang Tak Kalah Mempesona dari Jogja
virus! Sekretaris desa di Purworejo ini menari dengan lincah dan meminum alkohol yang diminum pacarnya
Sekdes Purworejo yang kepergok minum miras saat dugem tercerahkan: Ini air putih
Tingkatkan Sinergi Antar Instansi, Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo Gelar Rakor Tim Pora di Purworejo
Terbongkar! Penemuan Mayat di Kentengrejo Purworejo Ternyata Korban Penyiksaan, Begini Penampakan Pelakunya

Apa saja tempat wisata di Kabupaten Purworejo yang layak untuk dikunjungi?

1. Curug Muncar

Air terjun ini terletak di Kecamatan Bruno, Purworejo. Air terjun ini disebut Curug Muncar karena airnya jatuh seperti pancuran, sehingga disebut Curug Muncar. Untuk menuju Curug Muncar harus mendaki terlebih dahulu. Ketak dari Curug berada 600 m di atas permukaan laut.

Anda perlu memberikan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke air terjun. Curug Muncar memiliki ketinggian 40 meter. Aliran air Curug Muncar sendiri berasal dari Sugai Muncar, salah satu anak sungai dari Sungai Rebung.

Ada banyak pohon rindang besar di sekitar air terjun. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dimana Anda bisa berenang atau sekedar bersantai.

2. Curug Lumbung

Biasanya sungai tersebut memiliki aliran air yang cukup deras dan bebatuan yang memenuhi sungai. Namun tidak dengan air terjun yang satu ini, ya Curug Lumbung. Air terjun ini terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Untuk mengambil air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari kota Purworejo.

Curug Lumbung memiliki bebatuan yang bertumpuk, namun jangan salah, bebatuan tersebut benar-benar alami tanpa campur tangan manusia. Air di air terjun ini juga sangat jernih dan bisa digunakan untuk berenang atau bersantai. Suasana sejuknya bikin betah berlama-lama disana.


3. Bukit Sikepel

Kabupaten Purworejo menghadirkan destinasi baru yang indah. Salah satunya adalah Bukit Sikepel. Situs ini terletak di Kembang Kidul, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Jika Anda datang ke sini Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5000/orang belum termasuk harga taman. Untuk rute kesana anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan 4 roda.

Bukit Sikepel sendiri memiliki banyak fasilitas antara lain kafe, spot foto instagramable, mushola, paviliun, camping ground dan game drive yang menarik. Bukit ini juga digunakan sebagai bumi perkemahan bagi mahasiswa yang ingin berkemah. Selain keindahan pepohonan pinus, kamu juga bisa berfoto-foto instagramable disini di beberapa lokasi yang disediakan.

4. Pantai Ketawang

Bagi Anda yang mengenal senja, Anda bisa pergi ke pantai ini. Pantai pasir hitam air surut ini terletak di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Harga tiketnya 2000/motor dan 5000/mobil.

Jarak ke Pantai Ketawan sekitar 24 km dari pusat kota.
Pantai ini menawarkan beberapa spot foto yang menarik. Di sebelah timur pantai, wisatawan dapat melihat pegunungan Sewu dan Menoreh.

Pantai Ketawang juga memiliki air yang jernih. Jangan lupa, saat Anda datang ke sini Anda akan disuguhkan dengan mercusuar. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda dan keluarga saat berkunjung ke Purworejo.

5. Puncak Surga Gendol

Di puncak Khayangan Si Gendol, Anda bisa menikmati keindahan perbukitan dan lembah yang hijau serta udara yang sejuk. Untuk menuju ke sana hanya bisa menggunakan roda dua dan harus hati-hati karena jalanannya cukup berat. Harga tiket masuknya 5000/orang. Puncak Khayangan Sigendol terletak di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo.

Kawasan ini ditujukan untuk kebutuhan para remaja pecinta fotografi dan dilengkapi dengan spot-spot yang instagramable. Puncak Khayangan, Prau Jomblang Anom, Omah Gadang, Mata Air Padusan Widadari dan Puncak Memeyan kira-kira adalah nama-nama spot yang instagramable di sana. Suasana sejuk dan asri membuat pengunjung yang berkunjung terbayar dengan keindahannya.

Penulis: Jurnalis Magang KUASAKATACOM (Nabillah Unzila Rahma)

Source: kuasakata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button