Desa Wisata, Kopi dan Diaspora Toraja menandai peluncuran TribunToraja.com, Portal ke-68 TribunNetwork - WisataHits
Yogyakarta

Desa Wisata, Kopi dan Diaspora Toraja menandai peluncuran TribunToraja.com, Portal ke-68 TribunNetwork

TRIBUNJOGJA.COM – Manajemen Jaringan Tribun, Kompas Gramedia, meluncurkan portal berita lokal, TribunToraja.com, pada Kamis (12/01/2022) pagi ini //(silakan masukkan tautan https://toraja.tribunnews.com)//
TribunToraja.com merupakan portal berita lokal ke-68 dari Jaringan Tribun dan telah hadir di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta kota-kota sekunder.

Upacara pembukaan berlangsung secara hybrid (offline dan online) di Sarira Ballroom Taraja Heritage di kawasan Kesu, Rentepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Pembahasan tentang potensi desa wisata, komoditas kopi dan diaspora masyarakat Toraja di Nusantara dan mancanegara menandai peluncuran portal berita di pedalaman Sulteng ini.

Direktur Pelaporan Tribun Network Febby Mahendra Putra mengatakan portal ini akan fokus menggarap berita, informasi dan konten destinasi wisata alam, budaya dan kopi serta aktivitas diaspora Toraja di Nusantara.

“Ini bukti kita bahwa ‘mata lokal sudah merambah Indonesia’,” kata Febby di Kota Makale, ibu kota Tana Toraja.

Pada Kamis (17/11/2022) dua pekan lalu, Tribun Network juga meluncurkan TribunJatim-Timur.com di Banyuwangi, Jawa Timur.

Toraja adalah kesatuan suku sekaligus dua wilayah administratif di pedalaman selatan Sulawesi Selatan.
320 km sebelah utara adalah Toraja, Kota Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan.

Sang Torayan atau orang Toraja tinggal di dua kabupaten, Tana Toraja (Makale) dan Toraja Utara (Rantepao).

Sekitar 200.000 jiwa, juga tersebar di empat kabupaten sekitarnya; Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Sekitar 1,7 juta orang Toraja juga tinggal diaspora di empat provinsi utama Sulawesi, pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Dalam tiga dekade terakhir, diaspora Toraja berkembang biak di enam provinsi di Pulau Papua; Papua (Jayapura), Papua Barat (Manokwari), Papua Barat Daya (Sorong), Papua Selatan (Merauke), Papua Tengah (Nabire) dan Papua Dataran Tinggi Tengah (Wamena/Jayawijaya).

Gubernur dan kepala daerah dari 4 kabupaten/kota diperkenalkan pada acara peluncuran portal.
Sepekan sebelum peluncuran, CEO Tribun Network Dahlan Dahi, news director Febby Mahendra Putra dan commercial director H Ciptyantoro sudah berada di Toraja.

Mereka mengunjungi pimpinan daerah, pimpinan DPRD, pejabat di rapat pimpinan daerah, tokoh agama, akademisi, komisioner pemilu, dan pengusaha.

Pada acara pembukaan, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, dua bupati di Toraja; Theofilus Allorerung (Tana Toraja) dan Yohanis Bassang (Toraja Utara), Walikota Makassar Danny Pomanto, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan dua Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diharapkan hadir.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button