Pemandian air panas Tuban, wisata selama terapi kesehatan - WisataHits
Jawa Tengah

Pemandian air panas Tuban, wisata selama terapi kesehatan

Dengan garis pantai sepanjang 41 mil, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dikenal dengan keindahan destinasi wisata pantainya. Mulai dari Pantai Kelapa, Pantai Boom, Pantai Pasir Putih, Pantai Semilir hingga Pantai Sowan yang semuanya berada di Tuban.

Namun siapa sangka, masih banyak destinasi alam lainnya di Kabupaten Tuban. Serta tempat wisata alam, air terjun, tempat wisata alam di mata air dan beberapa tempat wisata alam dengan sumber air panas.

Salah satunya adalah destinasi wisata pemandian air panas (nganget) di Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban. Wisata ini memungkinkan pengunjung untuk berwisata sambil menjalani terapi kesehatan.

Gerbang masuk Wisata Pemandian Air Panas Nganget, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id) Gerbang masuk Wisata Pemandian Air Panas Nganget, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id)

Tempat yang indah terletak di petak hutan 33 B RPH Cheeseron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo atau sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Tuban. Pengunjung dijamin semakin betah menginap di wisata pada Rabu 26 Oktober 2022.

Asisten Perhutani BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, Hartono mengatakan, destinasi wisata pemandian air panas di Nganget ini memiliki tiga kolam pemandian, yaitu pemandian Kungkum (Wedok), kolam Bilasan dan kolam Lanang.

Dalam sehari, saat hari libur, pengunjung pemandian air panas Nganget bisa mencapai sekitar 400-500 orang, dengan tiket anak-anak mulai dari Rp.

“Selain Tuban, Bojonegoro, Lamongan, pengunjungnya kebanyakan dari Jawa Tengah seperti Blora, Cepu, Pati dan Rembang,” kata Hartono saat menginap di kawasan wisata Nganget.

Selain itu, tambah Hartono, banyak pengunjung yang datang untuk terapi kesehatan selain berwisata dan mandi air panas. Karena air panas dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti stroke, rematik, asam urat serta pegal linu dan nyeri pada kulit.

“Banyak pengunjung datang untuk terapi kesehatan. Dan wisata ini cocok karena di sana juga ada tempat pijat refleksi,” tambah Hartono.

Asisten Perhutani BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, Hartono Dekat Pemandian Air Panas Ngaget, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id) Asisten Perhutani BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, Hartono Dekat Pemandian Air Panas Ngaget, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id)

pijat refleksi

Tidak jauh dari Pemandian Air Panas Nganget, terdapat sejumlah toko pijat refleksi bagi pengunjung yang ingin dipijat. Berbeda dengan tempat lain, pijat refleksi tidak dikenakan biaya di wisata pemandian air panas ini.

“Tidak ada biaya, harga pijat di sini jujur,” kata OEM, tukang pijat berusia 67 tahun dari Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, Tuban.

Pijat Refleksi di Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Nganget, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id) Pijat Refleksi di Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Nganget, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Tuban (Khoirul Huda/Ngopibareng.id)

Ia menambahkan, di hari yang sibuk, ia mengaku bisa memijat antara lima hingga tujuh pengunjung. Namun, jika pengunjung dalam keadaan tenang, tidak diperbolehkan memijat sama sekali.

“Hari ini lima orang, kadang hanya satu orang dan langsung pulang,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button