Lihatlah peluang pariwisata yang ditawarkan oleh tiga provinsi baru di Papua - WisataHits
Jawa Timur

Lihatlah peluang pariwisata yang ditawarkan oleh tiga provinsi baru di Papua

WAKTU INDONESIA, MALANG – Pemekaran 3 daerah di Papua menjadi provinsi baru di Indonesia belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Padahal provinsi baru memiliki banyak potensi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daerah otonom baru (DOB) atau provinsi baru di Papua meliputi Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Dataran Tinggi Tengah.

Mari kita lihat beberapa opsi yang ditawarkan yang dapat ditambahkan ke daftar berita liburan Anda.

1. Papua Tengah

Danau Habema di Kabupaten Jayawijaya merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke provinsi ini.

Dikisahkan dari Sulawesi, danau ini disebut juga Danau Yuginopa atau Danau Di Atas Awan. Itu karena letak danau yang satu ini berada di ketinggian 3.225 di atas permukaan laut. Saat bersantai di tepi danau ini, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan padang rumput yang hijau dan juga beberapa jenis burung. Tidak jarang pengunjung memancing dan membawa pulang ikan dan kepiting.

Suku asli yang mendiami daerah ini adalah suku Amungme, Moni dan Mee yang masih ada hingga sekarang. Selain beberapa tempat wisata alamnya yang luar biasa, Provinsi Papua Tengah juga menjadi tempat penambangan emas yang disebut dengan tambang emas Grasberg.

2. Papua Selatan

rayap.jpgMusamus, istana yang dibangun oleh koloni rayap di Taman Nasional Wasur (FOTO: Wikimedia Commons)

Merauke adalah ibu kota provinsi ini dan rumah bagi suku Papua yang terkenal, suku Asmat. Jika Anda mengunjungi provinsi ini, Anda akan melihat kehidupan sehari-hari suku Indian Asmat melakukan seni pahat kayu atau menggunakan perahu dayung sebagai alat transportasi. Selain Asmat, suku Marind, Kombay, Koroway dan Muyu juga tinggal di provinsi baru ini.

Berbicara tentang wisata alam, provinsi Papua Selatan menawarkan Taman Nasional Wasur sebagai persembahan keindahan. Menurut GNFI, keanekaragaman hayati di taman nasional ini sangat tinggi. Anda dapat menemukan spesies Cendrawasih dan Walabi dan juga melihat keindahan Musamus yang dibangun oleh koloni rayap yang ada.

3. Pegunungan Tengah Papua

paus.jpgKwatisore, salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Nabire, Papua, Pegunungan Tengah (FOTO: Junardi/Instagram)

Juga disebut Meepago, provinsi baru ini memiliki ibu kota Nabire dengan sejuta wisata alam. Salah satunya adalah Perairan Kwatimore, rumah bagi hiu dan paus. Wisata ini cocok bagi anda yang memiliki hobi scuba diving. Karena jika beruntung, Anda akan bertemu dengan hiu paus yang memiliki nama latin Rhincodon typus. Berdasarkan akun resmi Nabire, orang Papua sering menyebutnya ikan Gurano Bintang.

Wisata populer lainnya adalah Lembah Baliem. Lembah di Pegunungan Jayawijaya ini memiliki pemandangan yang indah, menurut sari GNFI. Hal ini dikarenakan tempat ini dikelilingi oleh pemandangan pegunungan hingga ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Menjaga sikap dan tindakan adalah wajib ketika mengunjungi daerah ini karena daerah ini masih dihuni oleh suku asli Dani, Lani dan Yali.

Selain wisata di atas, masih banyak lagi wisata yang bisa Anda kunjungi di 3 provinsi baru di Papua ini. Selain adil pembangunan di Indonesia, pemekaran 3 provinsi tersebut agar lebih memanfaatkan potensi wisata yang ada.

**) Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button