Libur Mudik Nataru memastikan tidak ada pantangan, wajib vaksinasi booster - WisataHits
Yogyakarta

Libur Mudik Nataru memastikan tidak ada pantangan, wajib vaksinasi booster

Harianjogja.com, JAKARTA– Pemerintah memastikan mobilitas masyarakat tidak dibatasi selama liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Namun, vaksinasi ulang wajib dilakukan seperti libur Idul Fitri tahun ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati memperkirakan, mudik Lebaran tahun ini bisa menjadi cerminan Natal dan Tahun Baru di penghujung tahun.

Dia mencatat, selama orang mendapatkan suntikan ketiga atau booster dan menerapkan protokol kesehatan, tidak perlu membatasi mobilitas.

“Kami melihat sebenarnya tidak ada lagi larangan mudik lebaran, tapi masyarakat tetap perlu membuat pemacu. Masih seperti ini sekarang,” kata Adita di sela rapat dengan Komisi V DPR, Kamis (24/11/2022).

Saat ini, dengan mengacu pada Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 No.24/2022, persyaratan PCR dan antigen tidak lagi wajib. Sebagai gantinya, masyarakat diharuskan mengambil foto booster sebagai syarat perjalanan.

Hal ini kemudian diterapkan pada peraturan perjalanan Dinas Perhubungan baik darat, laut, udara maupun kereta api.

Adita mengatakan pemerintah dan DPR akan menggelar rapat awal bulan depan untuk membahas rencana mudik Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA: Buruh Kecewa Keluar dari Sesi Diskusi UMP DIY 2023

“Pada 5 Desember kita akan rapat lagi dengan DPR untuk membahas rencana [libur] Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Sebelumnya, Departemen Perhubungan memperkirakan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan pada musim Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebanyak 60,6 juta orang. Volume yang diproyeksikan adalah 22,4 persen dari total populasi di Indonesia.

Estimasi ini dari survei pertama yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Perhubungan Departemen Perhubungan. Survei menemukan bahwa hingga 12,3 persen potensi pergerakan orang, atau hingga 7,5 juta orang, akan melakukan perpindahan dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Mereka akan melakukan mobilitas untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru serta aktivitas di kawasan wisata.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button