Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, Akademisi Universitas Brawijaya: Sarana Tepat Mensosialisasikan Potensi dan Inovasi Desa - WisataHits
Jawa Timur

Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, Akademisi Universitas Brawijaya: Sarana Tepat Mensosialisasikan Potensi dan Inovasi Desa

WAKTU JATIM – Lomba Konten Regent’s Cup Bupati Malang Tahun 2022 dipandang oleh Civitas Akademika Universitas Brawijaya (UB) sebagai langkah yang tepat untuk menyebarkan potensi dan inovasi desa. Hal itu disampaikan Ketua Sistem dan Teknologi Informasi (SIT) Universitas Brawijaya (UB) Dr. Raden Arief Setyawan dengan.

Sebagai salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia, Arief menilai kompetisi media sosial merupakan wahana yang sangat cocok untuk menginformasikan potensi desa. Selain itu, data We Are Social menunjukkan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022.

Menurut Arief, setiap generasi memiliki media sosial favoritnya masing-masing. Dan kini Tiktok telah menjadi platform media sosial yang banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, setiap desa harus menggunakan media tersebut untuk menginformasikan tentang potensi desa.

Selain itu, banyak pembuat konten viral yang berasal dari desa dengan mengangkat kehidupan desa sehari-hari. Arief mengatakan hanya kreativitas dan inovasi yang menjadi tantangan bagi desa untuk memanfaatkan potensi tersebut.

“Media sosial merupakan sarana yang sangat cocok untuk menginformasikan tentang potensi dan inovasi desa. Dengan media sosial, siapa saja bisa leluasa memberikan publikasi dan informasi tentang potensi desa,” jelasnya.

Tentunya meskipun media sosial seperti TikTok atau lainnya menjadi sarana promosi desa yang efektif, namun harus dibarengi dengan kegiatan yang dilakukan dengan baik dan tidak asal-asalan. Tentu saja, ini harus menjangkau banyak pengguna di media sosial.

Sementara itu, pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 telah diperpanjang. Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi peserta yang belum mendaftar untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam bentuk video.

1

Lomba Konten Kreator diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama Jatim Times Network.

Pendaftaran untuk acara ini awalnya dibuka mulai 31 Oktober hingga 23 November 2022. Namun karena antusiasme pendaftar yang besar, acara ini kemudian diperpanjang dengan batas waktu pendaftaran hingga 10 Desember 2022.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah masuk ke proses seleksi untuk menerima 10 nominator di setiap kategori. Nominasi terbaik akan diumumkan pada 13 Desember 2022.

Hasil karya para peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pendaftaran kompetisi ini gratis. Hadiah yang disediakan juga sangat besar berjumlah Rp 44 juta dengan rincian masing-masing kategori:

1. Hadiah kategori umum (tunggal)
-1. Tempat: Rp 4 juta
-2. Tempat: Rp 3 juta
– Juara 3 : Rp 2 juta

2. Hadiah Kategori Sekolah (Tim)
– Juara 1 : Rp 7,5 juta
– Juara 2 : Rp 6 juta
– Juara 3 : Rp 4 juta

Hadiah kategori ke-3 dari organisasi perangkat daerah (tim)
– Juara 1 : Rp 7,5 juta
– Juara 2 : Rp 6 juta
– Juara 3 : Rp 4 juta

Perlombaan pada masing-masing kategori dapat diikuti oleh peserta:

1. Umum (Perorangan)
– Dapat dikunjungi oleh masyarakat umum berbagai usia dan tempat tinggal, tidak harus di kabupaten Malang. Pengelola pariwisata, hotel, dan pemangku kepentingan UMKM juga dapat berpartisipasi.

2. Sekolah di Kabupaten Malang (Tim)
– Contoh: SDN 1 Banjararum, SMPN Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN
– Gondanglegi, SMK Tumpang Diponegoro, SMA Ar Rohmah Dau dan sebagainya.
– Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malang beserta satuan kerja (tim) di bawahnya
– Misal : Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RS Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Kepanjen Bina Marga Dinas, UPT Bapenda Singosari dan sebagainya.

Kemudian untuk syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

– Memiliki kartu identitas (KTP/KTP/KTP), atau menggunakan kartu identitas perwakilan jika peserta masih di bawah umur.
– Warga Negara Indonesia (WNI).
– Memiliki akun TikTok dan Instagram.
– Akun tidak boleh ditangguhkan dan tidak boleh mengubah nama pengguna terdaftar.
– Peserta wajib mengikuti akun media sosial berikut:
– Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom dan TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.
– Hanya karya terbaik yang diperbolehkan.
– Video bertema kompetisi.
– Durasi video 1 menit hingga 2 menit.
– Unggah ke TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.
– Selain mengunggah ke TikTok, peserta juga perlu mengunggah video ke akun
– Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg

– Wajib menggunakan hastag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022
– Video tidak dapat dihapus selama Periode Kontes hingga pemenang diumumkan.
– Peserta mengisi dan mengirimkan link video pada Google form yang telah disediakan.
– Karya asli dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis (dengan penjelasan terlampir).
– Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.
-Pesaing yang curang akan didiskualifikasi.
– Keputusan juri bersifat final.
– Unggah surat pernyataan keaslian karya. (format surat penjelasan dapat diunduh dari link yang tersedia atau dapat menghubungi narahubung).

Sedangkan untuk rating ada beberapa poin yaitu:

– orisinalitas
– Kekuatan pesan yang ditransmisikan
– Kualitas gambar
– kreativitas

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button