Libur Maulid Nabi tingkatkan kunjungan wisatawan ke Bantul mendatangkan PAD Rp 375 juta - WisataHits
Yogyakarta

Libur Maulid Nabi tingkatkan kunjungan wisatawan ke Bantul mendatangkan PAD Rp 375 juta

Sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat antre di TPR Parangtritis selama akhir pekan, Sabtu (17/9/2022). [Wahyu Turi Krisanti / SuaraJogja.id]

Peningkatan wisatawan selama akhir pekan mendorong jumlah kunjungan selama seminggu.

SuaraJogja.id – Selama akhir pekan 7-9 Oktober 2022, kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bantul meroket. Dinas Pariwisata Bantul mencatatkan kenaikan 58 persen dibanding akhir pekan sebelumnya.

Kepala Dinas Penerangan dan Penerangan Dispar Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, kenaikan tersebut karena libur Maulid Nabi yang jatuh pada hari Minggu.

“Peningkatan wisatawan terutama pada akhir pekan ini karena libur Maulid Nabi yang berdekatan dengan hari Minggu,” ujarnya, Selasa (10/11/2022).

Dengan peningkatan tersebut, Dinas Pariwisata Bantul meraih pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp375 juta dari jumlah wisatawan sebanyak 38.643 orang.

Baca juga: Guru Tewas di Bantul, Diikuti Kakak, Tetangga Pernah Mendengar Pemukulan

Peningkatan wisatawan selama akhir pekan mendorong jumlah kunjungan selama seminggu. Tercatat, Biro Pariwisata menerima PAD senilai Rp 455 juta dari 46.826 wisatawan sejak 3 Oktober hingga 9 Oktober 2022.

“Pada pekan 3-9 Oktober meningkat 27,6 persen dibandingkan pekan sebelumnya,” jelasnya.

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul diketahui menurun dalam sepekan terakhir dari 26 September hingga 2 Oktober dengan PAD sebesar Rp 345 juta. Markus mengatakan, kemungkinan penurunan itu karena cuaca yang tidak mendukung dan daerah Bantul sendiri sepi untuk acara.

“Pada pekan sebelumnya 26 September hingga 2 Oktober, jumlah wisatawan sebanyak 35.507 orang. Penurunan itu dimungkinkan karena cuaca mulai hujan dan tidak ada peristiwa yang terjadi,” katanya.

Markus menambahkan, di antara sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bantul, kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan wisata untuk dinikmati di akhir pekan. Data kunjungan yang masuk melalui aplikasi visitjogja sebanyak 11.827 orang yang didominasi wisatawan asal Jawa Tengah.

Baca Juga: Kebakaran Mendarat di 2 Pabrik di Kasihan Bantul, Kerugian Mencapai Rp 5,5 Miliar

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button