Libur Maulid Nabi, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Bantul - WisataHits
Jawa Timur

Libur Maulid Nabi, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Bantul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada akhir pekan masih menyebabkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat signifikan dibandingkan akhir pekan sebelumnya.

“Kenaikan secara keseluruhan dibandingkan akhir pekan lalu sebesar 58 persen,” kata Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. Kompas.com dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10/2022).

Ia menjelaskan, data akhir pekan 7-9 Oktober 2022 mencapai 38.643 wisatawan dengan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 375.817.250.

Baca Juga: Pengalaman Pertama Menghadiri Upacara Sekaten di Yogyakarta, Menerima Uang Koin dari Sultan

Untuk data kunjungan di bagian bawah feed dari tanggal 30 September 2022 hingga 2 Oktober 2022, total kunjungan sebanyak 25.828 orang dengan PAD sebesar Rp251.331.000.

“Total jumlah kunjungan dalam seminggu dari 3-9 Oktober 2022 mencapai 46.826 orang dengan PAD Rp 455.369.500,” kata Ipung, panggilan akrab Markus.

Ia melanjutkan, kunjungan mingguan juga meningkat 27,6 persen dibandingkan kunjungan pada minggu sebelumnya.

Parangtritis adalah tempat wisata yang populer

Ipung mengatakan kawasan wisata pantai Parangtritis masih mendominasi kunjungan wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul.

Baca juga: Kisah Sekaten Saat Maulid Nabi Ternyata Pasar Malam Berasal dari Penjajah Belanda

Jika mengacu pada data 11.827 pengunjung yang menggunakan aplikasi Visitingjogja, sebagian besar pengunjung berasal dari Jawa Tengah, disusul Jawa Timur, Jawa Barat, dan DIY.

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.  Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam.Shutterstock/Pantai Parangtritis Peter Gueth di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam.

“Kami terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Ipung.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button