Bundaran HI Jakarta, spot foto favorit dan simbol sejarah ibu kota - WisataHits
Yogyakarta

Bundaran HI Jakarta, spot foto favorit dan simbol sejarah ibu kota

TEMPO.CO, jakarta – Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak bangunan dan landmark kota yang menarik. Salah satu ciri ibu kota adalah kawasan bundaran HI.

Bundaran HI atau Bundaran Hotel Indonesia merupakan kawasan ikonik di Jakarta Pusat. Bundaran ini terletak di tengah persimpangan Jalan MH Thamrin dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sutan Syahrir dan Jalan Kebon Kacang.

Pada tahun 2002, Bundaran HI dipugar oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan air mancur baru, desain kolam dan pencahayaan. Bundaran HI sendiri dibangun pada tahun 1962 untuk menyambut kedatangan peserta Asian Games IV.

Saat itu, Presiden Soekarno mendirikan Monumen Selamat Datang untuk menyambut para peserta Asian Games IV. Peringatan itu berbentuk sepasang anak muda yang melambai dan memegang bunga.

Ketinggian patung yang terbuat dari tembaga ini mencapai 7 meter. Patung menghadap ke utara, menandakan untuk menyambut tamu dari arah Monas yang akan menuju ke Gelora Bung Karno, tempat Asian Games diadakan saat itu.

Pada malam hari, ikon kota ini akan terlihat lebih indah karena akan disorot dengan lampu warna-warni. Pemandangannya dipercantik dengan kerlap-kerlip lampu gedung pencakar langit di sekitarnya. Selain itu, sekarang ada Pemandangan dek langit yang dibangun di Terminal Bus Transjakarta Bundaran HI.

Stasiun Bundaran HI sendiri merupakan stasiun berkonsep modern dan menawarkan transfer antar penumpang. Halte dapat digunakan sebagai jalur penumpang Transjakarta dan Mass Rapid Transit (MRT). Perhentian dibuat menarik dengan memiliki Pemandangan dek langit.

Warga berfoto di halte Transjakarta, Bundaran HI yang sedang diuji, di Jakarta, Minggu, 9 Oktober 2022. TEMPO/M Taufan Rengganis

Spot yang menyerupai kapal ini menjadi lokasi foto baru yang populer bagi warga ibu kota. Jika Anda menuju halte bus lantai 2, Anda bisa berfoto dengan latar bundaran HI dan patung selamat datang yang indah.

Berfoto di Bundaran HI bisa menjadi oleh-oleh bagi warga atau wisatawan dari luar daerah yang datang ke Jakarta.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Pemandangan paviliun halte Bundaran HI yang ramai menjadi spot foto

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button