5 hal yang selalu dirindukan orang Malang - WisataHits
Jawa Timur

5 hal yang selalu dirindukan orang Malang

Tugumalang.id – Malang memiliki banyak hal yang membuat setiap orang yang pernah berkunjung atau tinggal disana untuk sementara tetap kembali ke kota dingin ini. Hal-hal tersebut mulai dari keindahan alam, suhu udara, keragaman kuliner, sejarah hingga nuansa pendidikan.

Tentu saja kalau ada yang bilang Malang yang meliputi Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang itu hilang. Nah kali ini tugumalang.id merangkum 5 hal yang sering membuat kita rindu untuk kembali ke Malang.

1. Swiss Jawa

Malang memiliki julukan Swiss van Java yang juga termasuk Kota Garut namun bedanya Malang berada di Jawa Timur sedangkan Kota Garut berada di Jawa Barat.

Dijuluki Swiss van Java karena Malang dikelilingi oleh pegunungan yang indah antara lain Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Selain itu, Malang juga dikatakan memiliki penataan tempat yang bagus seperti Swiss.

2. Berbagai tempat wisata

Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki berbagai destinasi wisata, baik wisata alam seperti pegunungan, air terjun, pantai dan masih banyak lagi wisata modern lainnya. Misalnya Museum Angkut, Taman Jawa Timur, Flora Wisata San Terra, Taman Rekreasi Selecta dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan udara yang sejuk dan dikelilingi oleh berbagai pegunungan, wajar jika Kota Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

3. Dialek Walikan

Sedangkan di kota Malang kita akan menemukan berbagai bahasa yang dituturkan oleh masyarakat setempat. Biasanya pengunjung akan menemukan bahasa Indonesia, Jawa, dan Madura.

Namun, Malang memiliki bahasa tersendiri jika dilihat lebih dekat. Dialek khas ini dikenal dengan dialek Walik-an atau sebaliknya. Penggunaannya dengan membalik urutan huruf dari belakang ke depan. Misalnya kata “Mas” menjadi “Sam”, “Saya” menjadi “Ayas” dan masih banyak lagi.

kota pendidikan ke-4 di Indonesia

Selain Yogyakarta, Malang juga merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia. Kota ini menjadi salah satu tujuan bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terdapat lebih dari 40 perguruan tinggi negeri dan swasta di Malang antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang dan masih banyak lagi.

5. Kota jutaan sejarah

Malang tidak hanya terkenal dengan keindahan wisatanya tetapi juga memiliki segudang cerita sejarah yang ditawarkan. Terbukti dengan adanya beberapa peninggalan kerajaan yang pernah ada di kawasan ini. Diantaranya adalah Kerajaan Singosari dan Kerajaan Kanjuruhan.

Peninggalannya adalah Candi Badut, Candi Singosari dan Candi Sumberawan. Selain itu, Kota Malang juga memiliki museum sejarah diantaranya Museum Brawijaya, Museum Mpu Purwa, Museum Zoologi Brother Vianney, Museum Musik Indonesia dan masih banyak lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa Malang memiliki peran sejarah yang sangat penting bagi Indonesia baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan.

Pengarang : Luthfiyathul Munawwaroh

Penerbit: Herlianto. SEBUAH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button